Selasa 06 September 2022, 16:27 WIB

Dapat Suntikan Dana Rp5 Triliun, PLN: untuk Pengembangan Daerah 3T

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Dapat Suntikan Dana Rp5 Triliun, PLN: untuk Pengembangan Daerah 3T

Antara
Foto udara pembangkit listrik kapal (BMPP) di wilayah Maluku.

 

PRESIDEN Joko Widodo resmi memberikan penyertaan modal negara (PMN) kepada PT PLN (Persero) senilai Rp5 triliun. Adapun pemberian suntikan dana tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2022.

Penyertaan modal yang bersumber dari APBN bertujuan memperbaiki struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas usaha perseroan. Diharapkan, PLN mampu melanjutkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Baca juga: Semua Istana Presiden Sudah 100 Persen Gunakan EBT

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menilai suntikan PMN sebagai bentuk kehadiran negara di tengah masyarakat. Khususnya, di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

"Kami akan menggunakan PMN ini untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan di daerah yang masih sulit dijangkau, dengan program aksi korporasi dari PLN," jelas Darmawan di Istana Kepresidenan, Selasa (6/9).

Baca juga: PLN Percepat Pembangunan Tol Listrik di Sumatra

Menurutnya, daerah yang tergolong 3T masih ada di semua pulau besar, bahkan di Jawa sekalipun. Secara khusus di Papua, terdapat 443 desa yang belum teraliri listrik secara optimal.

"Ketika kita bicara daerah terpencil, tentu secara komersial tidak feasible. Tetapi, ini adalah kewajiban, bagian dari sila kelima, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, yang tentu harus dilaksanakan," tuturnya.(OL-11)

Baca Juga

Antara/Basri Marzuki.

Pegadaian Sediakan Produk Bundling Investasi Emas dan Asuransi bagi Pengemudi Ojol

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:44 WIB
PT Pegadaian bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gojek memperkenalkan produk bundling investasi sekaligus asuransi bagi...
Dok.Ist

Bank Jago dan Goto Financial Edukasi Mitra GoFood Kelola Keuangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:39 WIB
Kolaborasi aplikasi Jago dan GoBiz memungkinkan mitra usaha GoFood untuk melakukan berbagai hal seperti budgeting, pembayaran, serta...
MI/SUSANTO

Lima Faktor Pendorong Pelambatan Ekonomi Dunia Tahun Depan

👤 M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:28 WIB
BI memproyeksikan ekonomi dunia hanya akan tumbuh 2,9% di tahun depan. Angka itu jauh lebih rendah dari prakiraan pertumbuhan tahun ini di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya