Jumat 20 Mei 2022, 17:00 WIB

Halokas, Aplikasi Pembukuan Keuangan Digital yang Bisa Memberikan Modal Usaha 

mediaindonesia.com | Ekonomi
Halokas, Aplikasi Pembukuan Keuangan Digital yang Bisa Memberikan Modal Usaha 

DOK HALOKAS
Halokas, Aplikasi Pembukuan Keuangan Digital yang Bisa Memberikan Modal Usaha 

 

BERKEMBANGNYA e-commerce dan dunia digital, sudah memudahkan banyak orang untuk membeli dan menjual barang secara online. Begitu juga dengan UMKM, saat ini juga sudah sangat berkembang dan berkompetisi dengan bebas di dunia digital terlebih di masa pandemi, di mana terjadi pergeseran kebiasaan masyarakat yang lebih ke arah digital. 

Namun, masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka. Beberapa di antaranya adalah modal, pemasaran, perizinan, perpajakan, pencatatan keuangan yang masih manual, hingga kurangnya inovasi. 

Di antara seluruh permasalahan tersebut, ada permasalahan yang dipandang sebelah mata. Yaitu pencatatan keuangan yang masih manual. Sebab, dalam memperhitungkan omset, laba kotor sampai dengan laba bersih karena pembukuan yang masih manual seringkali menghambat UMKM untuk bisa grow dan scale up bisnisnya. 

Oleh karena itu, Halokas sebagai aplikasi pencatatan uang yang bisa diunduh secara gratis di Play Store, hadir untuk para pelaku UMKM untuk mengatasi 2 permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, yaitu pembukuan secara digital dan modal usaha. 

Sebagai aplikasi pencatatan uang, Halokas bisa mencatat penjualan, pengeluaran, hingga utang piutang. Sehingga Anda bisa melihat laporan transaksi beserta keuntungan dan kerugiannya, yang dapat diunduh dalam format excel

Menggunakan Halokas juga dapat membantu anda mengetahui jumlah stok bahan baku atau produk yang Anda miliki dengan mudah dan cepat, serta bisa menerima pembayaran dengan QRIS. 

Yang lebih menariknya lagi, Halokas memiliki layanan pinjaman untuk modal usaha. Jadi, seluruh pengguna Halokas bisa berkesempatan untuk mendapatkan modal usaha hingga Rp10 juta, dengan bunga 0%. 

Pinjaman usaha ini adalah produk pinjaman yang disediakan oleh PT FinAccel Digital Indonesia (Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang dikenal dengan platform "KrediFazz") di mana Anda dapat mengajukan pinjaman usaha tanpa agunan atau jaminan. Platform KrediFazz sendiri merupakan platform yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan  (OJK). 

Modal Usaha Sudah Ada, Bagaimana Mengembangkannya?
Tidak bisa dipungkiri kalau pembukuan adalah pondasi penting bagi para pebisnis, karena pembukuan bisa melihat seluruh transaksi keuangan yang dilakukan, mulai dari transaksi pembelian, penjualan produk barang atau jasa, profit yang menghasilkan, pengeluaran, dan lain sebagainya. 

Mengapa aplikasi pencatatan keuangan bisa mengembangkan bisnis? 

Pembukuan secara nondigital dapat menimbulkan beberapa masalah terhadap suatu UMKM. Terkadang proses pembukuan yang masih dilakukan secara manual ataupun nondigital lebih berpotensi menyebabkan kesalahan pada saat mencatat keuangan. Tentunya hal tersebut akan berdampak negatif pada bisnis Anda.. 

Jika Anda memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan seperti Halokas, Anda dengan mudah bisa menyimpan seluruh transaksi keuangan. Segala transaksi yang tercatat dalam aplikasi ini, tidak hanya sekedar menjadi data historis belaka. 

Data dalam pembukuan bisa diolah menjadi laporan keuangan sehingga bisa menjadi bahan evaluasi Anda dalam merancang strategi bisnis dan pemasaran. Nah, pengambilan keputusan dengan dasar data yang tepat akan memperkecil resiko kerugian bisnis di kemudian hari. 

Jadi, tidak hanya pemasaran dan penjualan saja yang dilakukan secara digital, adopsi software pembukuan seperti memanfaatkan Halokas juga penting, sehingga memiliki kemampuan untuk bertahan dalam persaingan yang ketat di tengah era digital seperti sekarang.(OL-10)

Baca Juga

Ist

Bank DBS Luncurkan Layanan Perbankan Digital Intuitif dan Pintar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:42 WIB
This is DBS digibanking, layanan perbankan digital yang intuitif dan pintar bagi nasabah ritel, korporasi maupun Usaha Kecil dan Menengah...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Raih Lamudi Awards di Lima Kategori

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:23 WIB
Penghargaan yang diraih itu sebagai Best Developer ialah PT Bumi Serpong Damai Tbk (PT...
Antara

Audit Perusahaan Sawit, BPKP Libatkan Kejagung hingga Polri

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:15 WIB
BADAN Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyusun gambaran umum audit sektor sawit di Indonesia dengan menggandeng Kejaksaan Agung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya