Senin 14 Februari 2022, 18:27 WIB

KTT G20, Momen Membangun Pariwisata Berkelanjutan

mediaindonesia.com | Ekonomi
KTT G20, Momen Membangun Pariwisata Berkelanjutan

Antara
Sejumlah kapal wisata pinisi lego jangkar di perairan dekat Dermaga Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (30/7).

 

KONFERENSI Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali tahun ini merupakan momen penting untuk membangun kembali ekonomi bangsa yang sempat terpuruk akibat pandemi covid-19.

Penyelenggaraan forum kerja sama multilateral dan melibatkan 19 negara utama juga Uni Eropa (EU) dengan kelas pendapatan menengah hingga tinggi, negara berkembang hingga negara maju yang rencananya akan berlangsung dan terpusat di Bali juga memiliki sederet agenda side event yang cukup menarik selama Presidensi G20.

Sebanyak 19 kota atau destinasi wisata di Indonesia, dengan 5 di antaranya adalah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) seperti Labuan Bajo, Likupang, Mandalika, Borobudur, dan Danau Toba dipastikan akan ikut menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi bergengsi ini.

"Kehadiran Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi side event penyelenggaraan konferensi G20 tentu menjadi sebuah isu penting tentang produktivitas juga pariwisata berkelanjutan, sekaligus pengembangan ekonomi digital setempat lewat jalur UKM dan UMKM," kata Shana Fatina, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

Shana juga mengungkapkan kalau sejak 2019, wajah Labuan Bajo sudah dipoles dengan menghadirkan berbagai fasilitas publik yang diharapkan mampu memberi ruang bagi masyarakat dan juga wisatawan yang datang untuk dapat menikmati keindahan Labuan Bajo.

"Kolaborasi pentahelix bersama dengan seluruh pemangku kepentingan dalam memajukan Labuan Bajo untuk menyambut penyelenggaraan KTT G20 terus kami maksimalkan dengan para stakeholder, dari pelaku usaha hingga komunitas juga media", tukas Shana Fatina.

Secara keseluruhan peran BPOLBF bukan saja hadir sebagai respresentasi pemerintah pusat di daerah, melainkan juga mengorkestrasikan seluruh kepentingan dalam membangun pariwisata Labuan Bajo dan demi menjawab pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berdaya saing yang diharapkan dapat menggerakkan perekonomian daerah sesuai dengan misi dan arahan Presiden Joko Widodo. (E-3)

 

Baca Juga

dok.ant

Harga Minyak Naik di tengah Kekhawatiran Suku Bunga Mereda

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:24 WIB
HARGA minyak naik untuk hari ketiga berturut-turut pada akhir perdagangan pada Rabu (Kamis pagi WIB), karena investor merasa lebih nyaman...
MI/Amir Mr

Sawit jadi Masa Depan Perekonomian Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 07:44 WIB
Regulasi pemerintah diharapkan tidak tumpeng tindih sehingga Indonesia tetap menjadi negara pengekspor CPO (crude palm oil) terbesar di...
Dok.Ist

Kontraktor Tambang Nikel PT. Hillcon Tbk Siap IPO Rp553 Miliar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 07:29 WIB
IPO Hillcon kelebihan permintaan dari investor institusi 1.3x selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya