Kamis 27 Januari 2022, 15:36 WIB

Jakpro Pastikan Pembangunan Sirkuit Formula E Selesai Tepat Waktu

Putri Anisa Yuliani | Ekonomi
Jakpro Pastikan Pembangunan Sirkuit Formula E Selesai Tepat Waktu

AFP/Kenzo Triblouillard
Balapan Formula E

 

DIREKTUR Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto memastikan pembangunan sirkuit balap mobil Formula E bakal selesai tepat waktu.

Sebelumnya, tender pembangunan sirkuit tersebut harus diulang karena tender yang pertama gagal menemukan kontraktor pemenang. Widi menyebutkan alasan diulangnya tender karena ada ketentuan teknis yang harus diperbaiki.

Baca juga: Mentan Targetkan Tanam 10 Juta Pohon Kopi di Tahun 2022

"Insya allah tidak ada masalah. Sesuai jadwal. Saya mendapatkan info sesuai jadwal kan, tetap kita jalankan. Saya mantau saja, tim sendiri kan ada," ungkapnya saat dihubungi, Kamis (27/1).

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi pesimistis pembangunan sirkuit Formula E bakal selesai tepat waktu. Pasalnya, kontraktor akan menemui kesulitan yang cukup besar dalam membangun sirkuit di atas lahan hasil pengurugan tanah.

Diketahui, lahan milik PT Pembangunan Jaya Ancol di Jakarta Utara yang akan menjadi lokasi sirkuit balap mobil listrik itu adalah lokasi pembuangan tanah hasil galian proyek MRT Jakarta. Pras, sapaan akrab Prasetyo, menyebut akan sulit menyelesaikannya dalam waktu tiga bulan.

"Sampai hari ini, mungkin ya pemikiran pribadi saya, lelang buat sirkuit aja gagal, dia targetkan 3 bulan. Saya hari ini, saya masih jadi pembalap. Saya tahu dunia itu, nggak bisa semata-mata tiga bulan jadikan sirkuit. Kencengnya mobil Formula E itu hampir sama dengan F1. Bedanya satu pakai mesin satu nggak pakai mesin, listrik. Formula 1 300 km per jam mungkin dia 200-250 kilometer per jam. Landasannya juga harus benar-benar memakai aturan yang betul," jelas Pras di Jakarta, Rabu (26/1).

Jika salah dalam membangun, sirkuit itu malah akan membahayakan pembalap yang melintas di atasnya. Pras pun menegaskan dia mengetahui betul seluk beluk dunia balap dan juga ikut menjadi penasihat pembangunan sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika sendiri dibangun dalam waktu 14 bulan lamanya dan telah sukses menggelar seri balap MotoGP pada tahun lalu.

"Saya ini adviser consultan Mandalika. Saya tahu jadi buat trek balap bukan kayak buat lintasan Tamiya," pungkasnya.

Politikus PDIP itupun mengaku sudah berkoordinasi dengan Ketua Pengarah Panitia Formula E sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo terkait pembangunan sirkuit Formula E.

"Bamsoet itu teman saya jadi saya kasih tahu. Nggak rasional dengan 3 bulan dibangun. Rasionalnya 2 tahun. Harus yang mateng," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Cegah Tertular PMK, Sapi Asal Kupang Tidak Diturunkan di Tanjung Perak

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:09 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah menetapkan beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Timur sebagai daerah wabah Penyakit Mulut dan Kuku...
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:01 WIB
Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan dan mencegah penyebaran Penyakit...
Ist/Kementan

Canangkan Pertanaman IP300 di Jeneponto Mentan Optimis Produksi Meningkat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 09:53 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo menggelar tanam perdana padi sekaligus pencanangan perdana indeks pertanaman (IP) 300 atau penanaman 3 kali...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya