Jumat 03 Desember 2021, 19:07 WIB

Upaya Menggenjot Produktivitas Pertanian Harus Selaras dengan Alam

mediaindonesia.com | Ekonomi
Upaya Menggenjot Produktivitas Pertanian Harus Selaras dengan Alam

Dok. Kementan
Kantor BPP Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (3/12/2021).

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, semua pihak harus menjaga lingkungan dalam menjalankan aktivitas pertanian. Jangan semata-mata mengejar produktivitas, tanpa mau memperhatikan keberlangsungan alam semesta mengingat kondisi bumi yang semakin panas. 

"Di balik produktivitas pertanian yang akan kita genjot, lingkungan harus diperhatikan. Kita bisa menurunkan emisi gas rumah kaca," kata Syahrul dalam kegiatan Mentan Sapa Penyuluh dan Petani (MSPP) di BPP Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Ekspansi ke Luar Jakarta, Exquise Pattisserie Luncurkan Kue Hampers Natal dan Tahun Baru 

Untuk diketahui, Indonesia berkomitmen menurunkan emisi sebesar 29% dengan upaya sendiri di bawah business as usual (BAU) pada 2030 dan sampai 41% dengan dukungan internasional. Dibutuhkan sinergitas agar produktivitas bisa sejalan dengan upaya penurunan efek gas rumah kaca.

"Kita butuh aksi adaptasi. Setiap aksi yang dilakukan harus mengantisipasi dampak buruk perubahan iklim sekaligus menjaga kedaulatan pangan. Ini menjadi prioritas utama pembangunan pertanian," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi. 

Sejauh ini, ada inovasi teknologi mitigasi gas rumah kaca yang diterapkan petani. Sebut saja pengairan berselang, penggunaan bahan organik matang, varietas padi rendah emisi metana paket teknologi climate smart agriculture (CSA/pertanian cerdas iklim), dan masih banyak lagi. 

Ia menambahkan, inovasi teknologi pertanian dapat menjadi andalan dalam upaya meningkatkan produktivitas tanaman dan ternak serta melestarikan kesuburan tanah. Diharapkan pendapatan dan nilai tambah petani meningkat, ramah lingkungan, dan tangguh terhadap perubahan iklim. (RO/A-3)

Baca Juga

DOK SARINAH

Bincang-Bincang Senja di Sarinah Bersama Menteri BUMN Erick Thohir

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:41 WIB
Dengan acara ini, harapannya mitra Sarinah dan para tenant bergandeng tangan menyambut masa depan dan potensi bisnis yang lebih...
ANTARA

Pemerintah Tingkatkan Pengawasan Pelaksanaan APBD

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:37 WIB
pemerintah pusat juga telah mendorong pemda untuk mempercepat penetapan APBD 2022 di 31 Desember...
MI/INSI NANTIKA JELITA

AGRI Perkirakan Kebutuhan Gula Naik 10% saat Lebaran

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:33 WIB
AGRI yang terdiri dari 11 asosiasi ini menjamin kebutuhan gula rafinasi tidak mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya