Senin 06 September 2021, 23:55 WIB

36 Varietas Kopi Nusantara Dipromosikan di Den Haag

Mediaindonesia.com | Ekonomi
36 Varietas Kopi Nusantara Dipromosikan di Den Haag

Ilustrasi
Ilustrasi

 

Atase Perdagangan (Atdag) Indonesia di Den Haag mempromosikan 36 varietas kopi khas produk 22 petani dari berbagai daerah di Indonesia dalam gelaran Indonesia Coffee Cupping (ICC) 2021 di Den Haag, Belanda.

"Walaupun COVID-19 membatasi pergerakan dan aktivitas perdagangan, kita tidak boleh berhenti untuk mempertemukan dan mempromosikan produk kopi Indonesia dengan calon pembeli dari Belanda. Melalui ICC 2021, para petani dapat berinteraksi langsung dengan buyers, roasters, dan peserta lainnya meskipun secara virtual,” kata Duta Besar RI untuk Belanda Mayerfas lewat keterangannya diterima di Jakarta, Senin.

Mayerfas menyampaikan, kegiatan itu merupakan wadah bagi para petani kopi Indonesia bertemu dengan importir dan roasters di Belanda. Kegiatan ini juga mempromosikan kopi Indonesia kepada konsumen Belanda dan Eropa.

Sementara Atdag di Den Haag Sabbat Christian Jannes mengungkapkan, kopi Indonesia memiliki potensi yang besar di pasar Belanda dan Eropa. Belanda, dengan penduduk sekitar 17 juta jiwa, merupakan salah satu negara konsumen kopi yang cukup besar. Pada 2020, sebagian besar peminum kopi di Belanda mengonsumsi 4 sampai 6 cangkir kopi per hari.

“Kopi merupakan salah satu komoditas penting Indonesia yang diekspor ke Belanda dan Eropa. Meski ada pandemi, ekspor kopi kita ke Belanda masih terus meningkat. Buyers kopi skala besar seperti Daarnhouwer, Starbucks, Douwe Egberts, dan banyak lainnya telah mengambil biji kopi dari Indonesia,” kata Sabbat.

Pada 2020, ekspor kopi Indonesia ke Belanda mencapai US$5,6 juta, dengan kenaikan sekitar 23,4 persen setiap tahunnya selama 5 tahun terakhir.

Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ke- 4 di dunia. Pada 2020 produksi kopi Indonesia diperkirakan mencapai 754 ribu ton, naik 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sekitar 660 ribu ton.

Pada ICC 2021, KBRI Den Haag memfasilitasi petani kopi Indonesia untuk mendapatkan sertifikat cupping. Dalam proses sertifikasi, kopi petani Indonesia yang baru dipanen dikirim dan diuji kualitasnya di laboratorium. “Berdasarkan hasil uji tersebut, kami memberikan sertifikat cupping yang dapat digunakan petani untuk mempromosikan kopi mereka ke pembeli internasional. Sertifikat tersebut diharapkan akan meningkatkan nilai jual kopi Indonesia di Belanda dan Eropa,” terang Sabbat.

Dikatakan Sabbat, beberapa buyers seperti Daarnhouwer dan Four Trade BV telah menyampaikan minatnya untuk membeli kopi Indonesia.

Daarnhouwer merupakan salah satu pembeli kopi utama dari Indonesia. Kebutuhannya setiap bulan mencapai 20 kontainer. Sementara Four Trade BV saat ini sedang mencari kopi robusta sebanyak 10 kontainer dari Indonesia. “KBRI Den Haag akan menindaklanjuti minat buyers yang hadir dalam acara ICC 2021 dan buyers potensial lainnya yang berhalangan hadir pada saat acara dengan mengirimkan sampel dari petani sehingga dapat dilakukan penjajakan dan pengujian lebih lanjut,” ucap Sabbat.

Sabbat menambahkan, ICC 2021 juga menjadi ajang untuk menyosialisasikan sekaligus mengundang peserta untuk mengikuti pameran Trade Expo Indonesia ke-36 secara virtual yang akan berlangsung pada 21 Oktober 2021-4 November 2021. “Pada pameran tersebut, para peserta dapat bertemu dengan produsen dan pemasok kopi dari Indonesia secara virtual,” pungkasnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok.Ist

Pandawa Asri Dorong Pertanian Berkelanjutan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 15:07 WIB
Reduktan pestisida, yang merupakan produk unggulan PAI, telah turut serta dalam mengurangi hingga 2 juta liter penggunaan pestisida di...
Antara

Rupiah Jadi Alat Pemersatu Bangsa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:42 WIB
Rupiah merupakan instrumen penting yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran, namun juga menunjukkan eksistensi kedaulatan...
Ist/DPR

RAPBN 2023 Wajib Lanjutkan Agenda Strategis Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:13 WIB
Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah menyatakan setidaknya ada dua isu besar dalam desain Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya