Senin 09 Agustus 2021, 16:45 WIB

Kelola Blok Rokan, Pertamina Pertahankan Produksi 161 Sumur

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Kelola Blok Rokan, Pertamina Pertahankan Produksi 161 Sumur

Antara/Aswaddy Hamid.
Sumur minyak Blok Rokan.

 

PT Pertamina (persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan memulai sejarah baru. Secara resmi, perusahaan mengelola wilayah kerja Rokan (Blok Rokan) dan telah menyiapkan pengeboran sumur secara masif.

Pertamina berkomitmen untuk mempertahankan produksi pascaalih kelola dengan melakukan pengeboran yang telah ditetapkan dalam kurun waktu Agustus-Desember 2021 sebanyak 161 sumur yang terdiri dari 84 sumur baru dan 77 sumur eks Chevron. Selanjutnya pada 2022 direncanakan ada tambahan kurang lebih sebanyak 500 sumur.

"Pertamina akan melanjutkan program yang telah berjalan selama ini, termasuk enhanced oil recovery (EOR) yang telah menunjang produksi migas secara signifikan. Pertamina telah menetapkan anggaran investasi sampai 2025 sebesar lebih dari US$2 miliar mengingat wilayah Blok Rokan juga memiliki potensi unconventional migas yang dapat menunjang peningkatan produksi migas nasional," ujar Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, melalui keterangan yang diterima, Senin (9/8).

Berdasarkan data saat ini, Pertamina Hulu Rokan mengelola wilayah kerja dengan luasan sekitar 6.453 km2 dengan 10 lapangan utama yaitu Minas, Duri, Bangko, Bekasap, Balam South, Kotabatak, Petani, Pematang, Petapahan, dan Pager. Blok Rokan membentang di lima kabupaten Provinsi Riau yakni Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu, dan Rokan Hilir. Blok minyak strategis ini merupakan terbesar kedua di Indonesia dengan target produksi minyak pada 2021 sekitar 165.000 barel per hari atau sekitar 24% dari produksi nasional.

Baca juga: PLN Mulai Alirkan Listrik dan Uap ke Blok Rokan

Nicke menegaskan bahwa Pertamina akan memastikan proses operasional Blok Rokan tetap berjalan, karena sebanyak 291 kontrak dilakukan proses mirroring dan seluruhnya telah selesai. Selain itu, sebanyak 60 kontrak baru untuk kebutuhan pre-EOC telah awarded dengan status progres 100%. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Petani Lampung Bakal Dapat Pendampingan Program Makmur Pupuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 16:24 WIB
Erick mengatakan, program yang memiliki kepanjangan Mari Kita Majukan Usaha Rakyat ini dapat berjalan berkat kolaborasi...
DOK Pribadi.

Industri Properti Membaik, Paramount Petals Perkenalkan Klaster Kedua

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 15:40 WIB
Dalam perencanaannya, Paramount Petals akan dikembangkan selama 20...
Antara

Presiden Dorong BUMN Gerak Cepat dan Adaptif

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 15:36 WIB
Presiden menekankan perlunya respons cepat untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, disrupsi teknologi, dan pandemi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya