Rabu 31 Maret 2021, 10:17 WIB

Pertamina Tanggung Biaya Perawatan Korban Kebakaran Balonngan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
 Pertamina Tanggung Biaya Perawatan Korban Kebakaran Balonngan

Antara
Sejumlah anak mengikuti pemulihan trauma di Gedung Olahraga Bumi Patra, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021).

 

DIREKTUR Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati menuturkan pihaknya menanggung biaya perawatan korban kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, hingga sembuh secara fisik.

Hal itu disampaikan Nicke usai menemui pasien luka yang dirujuk ke Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP) pada Selasa (30/3), untuk memastikan keenam warga terdampak mendapatkan layanan medis terbaik.

“Seluruh biaya penanganan pasien ditanggung Pertamina, termasuk akomodasi dan keperluan keluarga yang mendampingi pasien di RSPP," ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/3).

Nicke tidak merinci total biaya yang dikeluarkan pihaknya dalam menangani korban. Namun, dia memastikan, Pertamina telah menugaskan tim dokter spesialis yang akan terus mantau proses penanganan medis atas pasien terdampak insiden tanki Kilang Balongan di Unit Luka Bakar RSPP.

“Pasien dirujuk ke RSPP agar penanganan lebih intensif lagi, dan tim dokter di sini sudah siap untuk menangani pasien dengan peralatan yang lebih baik. Saat ini semua pasien dalam kondisi stabil,” jelasnya.

Terkait warga terdampak, lanjut Nicke, warga akan berangsur-angsur kembali ke rumah masing-masing. Sementara yang masih berada di lokasi pengungsian, Pertamina menyediakan posko layanan kesehatan sehingga warga dapat mengecek kondisi kesehatan dan mendapatkan perawatan dari tim medis Pertamina.

Pihaknya menambahkan, perawatan juga diberikan kepada empat pasien rawat inap maupun para pasien rawat jalan di RS Pertamina Balongan. Pertamina juga mengaku akan memberikan layanan konsultasi psikolog untuk antisipasi trauma yang dialami pasca insiden.

Diketahui, imbas kebakaran yang terjadi pada Senin (29/3) dini hari, sebanyak 912 warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman dari lokasi kilang minyak. Kebakaran itu juga menyebabkan 29 luka ringan dan enam lainnya luka berat. (E-3)

Baca Juga

Dok Kementerian Koperasi dan UKM.

Kolaborasi Kunci Keberhasilan Transformasi Digital UMKM

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:15 WIB
MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan kolaborasi antarpemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan transformasi digital...
dok.KNPI

DPP KNPI: Kinerja Pembantu Jokowi Bidang Perekonomian Perlu Perbaikan

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:50 WIB
KINERJA pemerintahan bidang perekonomian mendapat sorotan publik karena kinerja yang buruk. Karena itu, Jokowi harus mengambil langkah...
DOK BNI46

Kuat Dalam GCG, BNI Kembali Menangi Penghargaan IICD

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:13 WIB
Raihan ini akan menjadi tolok ukur bagi perseroan untuk lebih gencar lagi dalam meningkatkan penerapan good corporate governance (GCG)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya