Senin 01 Maret 2021, 10:55 WIB

Pelaku UMKM Harus Bertansformasi ke Digital seiring Vaksinasi

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pelaku UMKM Harus Bertansformasi ke Digital seiring Vaksinasi

Dok. Younglimwon Softlab
Ilustrasi

 

PESATNYA perkembangan teknologi membuat tren bisnis mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu ditandai dengan maraknya penggunaan teknologi digital oleh pelaku usaha, mulai dari revitalisasi pengalaman berbelanja O2O commerce, transaksi dengan menggunakan kode QR hingga layanan pemesanan makanan via daring. Terlebih sejak pandemi covid-19.

Berdasarkan riset Workday Digital Agility Index, tercatat 93% dari 900 pemimpin bisnis telah bertransformasi digital sebagai prioritas usaha. Sebanyak 85% di antaranya bahkan memanfaatkan teknologi digital untuk menjalankan rencana bisnis selama pandemi covid-19.

Baca juga: Pemerintah Percepat UMKM Go Digital

Sepanjang 2020, ekonomi dunia, termasuk Indonesia terpuruk.  Namun seiring diberlakukannya vaksin oleh pemerintah sejak 13 Januari, para ekonom optimistis, tahun ini menjadi gairah baru kebangkitan ekonomi Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun memprediksi, pertumbuhan ekonomi  bakal naik sebesar 4-5% pada 2021 usai vaksinasi.

Hal ini tentu saja menjadi stimulan kuat bagi para pelaku bisnis untuk melakukan lompatan pengelolaan manajemen yang adaptif dengan kenormalan baru. Karena, pengalaman selama pandemi membuktikan perusahaan yang menjalani digitalisasi lebih survive dalam mempertahankan kelangsungan bisnis.

Terutama digitalisasi dalam manajemen, era kenormalan baru menciptakan tren gaya bekerja yang berbeda. Bisa dilakukan di manapun dan kapan saja, tetapi  kontrol tetap optimal secara real time selama terkoneksi jaringan internet. Pengelolaan manajemen bisnis berbasis Cloud ERP (Enterprise Resource Planning)  menjadi kebutuhan prioritas saat ini.

Berangkat dari situ SystemEver, teknologi cloud ERP  milik Younglimwon Softlab asal Korea Selatan  siap menjadi mitra solusi bisnis. Mereka bahkan  telah merancang sejumlah produk software manajemen ERP yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis dalam skala medium enterprise (UKM).

Produk Cloud ERP SystemEver meliputi meliputi 3 bidang layanan (i-series) yaitu i1 (Account Tax Service) untuk membantu mempermudah  konsultan pajak dan akuntansi dalam melakukan pelayanan kepada klien, i5 (Sales/Distribution) untuk perusahaan distribusi dan penjualan. Sedangkan untuk skala yang lebih besar seperti industri manufakur, produk  i7 (Manufacturing) bisa menjadi solusi pengelolaan manajemen yang makin kompleks.

“Era transformasi digital telah di depan mata harus sedini mungkin kita adaptasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis. Di masa New Normal ini, kami berharap teknologi Cloud ERP SystemEver bisa membantu pelaku bisnis UKM di Indonesia memiliki manajeman yang lebih baik, inovatif berkelanjutan dan tumbuh melesat tidak hanya di pasar domestic, sekaligus  juga di pasar Asia dan  dunia." papar CEO Yonglimwon Softlab Young-Bum Kwon.

Saat ini, SystemEver telah membantu lebih dari 2000 klien dari berbagai sektor bisnis dalam menciptakan ekosistem transformasi digital.  Di antaranya  industri kecantikan Jung Saem Mool dan industri makanan Dongsung Food yang berbasis di Korea Selatan, distributor alat kesehatan yakni PT Indocore Perkasa dalam memperkuat transformasi digital di Indonesia dan sebagainya. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Untuk Dongkrak Penjualan, Antam Pindahkan Lokasi Emas Logam Mulia Bali

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 21:27 WIB
"Perpindahan lokasi BELM Bali dilakukan untuk untuk mempermudah akses masyarakat Bali dan sekitarnya, serta memberikan kenyamanan bagi...
ANTARA

Krisis Selalu Beri Ruang Lakukan Reformasi

👤Widhoroso 🕔Senin 29 November 2021, 21:18 WIB
Krisis yang terjadi mendorong terjadinya perubahan di segala...
Antara/Dhemas Reviyanto

Erick Minta Forum Humas BUMN Berlari Maraton dan Jaga Kontinuitas

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 29 November 2021, 19:56 WIB
Para insan BUMN dikukuhkan sebagai ujung tombak untuk bergerak bersama mencapai tujuan dan memberikan yang terbaik untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya