Selasa 26 Januari 2021, 11:25 WIB

Diduga Ada Gas Beracun, ESDM Tutup Aktivitas PLTP Sorik Marapi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Diduga Ada Gas Beracun, ESDM Tutup Aktivitas PLTP Sorik Marapi

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Ilustrasi: Instalasi sumur geothermal atau panas bumi (PLTP)

 

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menghentikan aktivitas proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sorik Marapi yang terletak di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Pasalnya, mereka menerima laporan terjadi paparan gas hydrogen sulfide (H2S) beracun ke masyarakat saat melangsungkan kegiatan buka sumur (well discharge)  SM T02 pada proyek PLTP Sorik Marapi Unit II pada Senin (25/1).

ESDM menjelaskan sekitar pukul 12.00 WIB, dilakukan buka sumur dengan mengalirkan steam ke silencer untuk dibersihkan sebelum dialirkan ke PLTP. Namun pada pukul 12.30 WIB, dilaporkan ada masyarakat yang pingsan. Pada saat itu, warga sedang berada di sawah yang berjarak sekitar 300-500 m dari lokasi sumur panas bumi.

PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) selaku perusahaan yang mengoperasikan PLTP memutuskan segera menutup sumur tersebut.

Direktur Panas Bumi ESDM Ida Nuryatin Finahari melalui pernyataan resminya, Selasa (26/1), menyatakan telah menerbitkan surat penghentian sementara seluruh kegiatan/aktivitas PT SMGP di lapangan, termasuk penghentian operasi PLTP Unit I (45 MW).

Baca juga: Potensi EBT Besar, Ini Keinginan dari Pengembang PLTP

Lalu menghentikan kegiatan pengeboran dengan 2 unit rig, dan seluruh aktivitas pengembangan PLTP Unit II.

"Kejadian tersebut saat ini dalam proses investigasi oleh Inspektur Panas Bumi yang dijadwalkan berangkat menuju lokasi hari ini," kata Ida dikutip dari laman resmi ESDM, Selasa (26/1).

Penanganan saat ini difokuskan untuk memberikan pertolongan kepada warga masyarakat terdampak. Status sementara terdapat 15 orang dirawat di RSUD Panyabungan, Mandailing Natal dan 5 orang dikabarkan meninggal dunia. SMGP telah melaporkan kejadian ini kepada instansi pemerintah terkait, pemerintah daerah, dan kepolisian.

PT SMGP dalam keterangan ESDM mengklaim telah melakukan seluruh rangkaian prosedur keamanan antara lain sosialisasi kepada semua pekerja dan masyarakat, evakuasi seluruh pekerja dari wellpad dan final sweeping sebelum kegiatan buka sumur dimulai.(OL-5)

Baca Juga

Ist/Kementan

Bantu Masyarakat, Pasar Mitra Tani Kementan Gelar Cabai Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 10:34 WIB
Kementan melalui Pasar Mitra Tani/TTIC Badan Ketahanan Pangan (BKP) melakukan gelar pangan murah (GPM) cabai rawit mulai 7 Maret...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

IHSG Awali Perdagangan Pekan Ini di Zona Hijau

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 08 Maret 2021, 09:41 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil mengawali perdagangan pekan ini, Senin (8/3) dengan menapaki zona...
Ist

Ini Serangkaian Kinerja Luar Biasa dar Bea Cukai Jayapura 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 09:13 WIB
Area pengawasan yang luas dan beragam menjadikan Bea Cukai Jayapura terus berinovasi dalam melakukan pengawasan dan memberikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya