Selasa 26 Januari 2021, 10:10 WIB

Menhub Bakal Adakan Tes Psikologi Khusus Pilot

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Menhub Bakal Adakan Tes Psikologi Khusus Pilot

ANTARA FOTO/Lucky
Ilustrasi Pilot

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bakal mengadakan tes psikologi khusus untuk calon pilot maskapai di Tanah Air. Menurutnya, langkah tersebut sebagai upaya untuk mendukung aspek keselamatan penerbangan nasional ke depannya.

"Kami siap memperhatikan soal keselamatan. Saya sudah sampaikan pada Dirjen (Perhubungan) Udara bahwa pilot harus ada tes psikologis secara khusus," ungkap Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Senin (25/1).

Berkaca dari insiden jatuhnya pesawat Srwijaya Air SJ 182 pada Sabtu (9/1) lalu, Budi diminta oleh Komisi V DPR RI untuk meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan pesawat.

Meski tidak menerangkan secara detail, Menhub menyebut tes psikologis khusus untuk pilot itu merupakan hal penting yang harus dijalankan.

"Melalui kerja sama dengan institusi yang terbaik agar melakukan assessment secara khusus para pilot itu," kata Budi.

Baca juga: BMKG Ingatkan Pilot akan Munculnya Awan Cumulonimbus

Ketua Komisi V DPR Lasarus dalam rapat kerja kemarin mengatakan dengan kejadian kecelakaan pesawat yang kerap terjadi beberapa tahun ini, pihaknya mendesak Kemenhub memperbaiki aspek keselamatan pesawat.

"Dengan masih banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi bahkan menimbulkan korban jiwa, Komisi V meminta Kemenhub untuk selalu mengedapankan aspek keselamatan, keamanan, sehingga target zero accident dapat kita capai," tutur Lasarus.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Menhub untuk membenahi manajemen keselamatan dunua penerbangan. Menurutnya, keselamatan penumpang merupakan hal penting dan utama.

"Soal pemeriksaan dan pengawasan terhadap pesawat-pesawat yang akan terbang demi keselamatan masyarakat, demi keselamatan penumpang. Keselamatan adalah yang utama," ucap Jokowi di Pelabuhan JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/1).(OL-5)

Baca Juga

Dok. Istana Kepresidenan

Jokowi: Investasi Kunci Pertumbuhan Ekonomi 5%

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 05 Maret 2021, 13:52 WIB
Presiden bahkan rutin meneror Kepala BKPM untuk mengetahui sejauh mana investasi yang masuk ke...
MI/Adam DP

Penghapusan Kode Broker akan Sehatkan Aktivitas Pasar Modal

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 13:30 WIB
Penghapusan kode broker dalam running trade akan membuat para investor akan lebih dalam mempelajari berbagai kemungkinan yang terjadi...
MI/Ramdani

Presiden Minta Hipmi Jadi Penggerak Roda Perekonomian

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 05 Maret 2021, 12:43 WIB
Para anggota Hipmi dikenal sebagai para pengusaha sukses yang memiliki kontribusi besar kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya