Kamis 03 Desember 2020, 21:07 WIB

Kemenperin Fasilitasi IKM Alat Angkut dengan Produsen Sepeda

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kemenperin Fasilitasi IKM Alat Angkut dengan Produsen Sepeda

MI/Adam Dwi
Pekerja menyelesaikan proses produksi sepeda di pabrik sepeda PT Terang Dunia Internusa (United Bike) di Citeureup, Bogor, (Kamis 2/2).

 

KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi kerja sama antara pelaku industri kecil menengah (IKM) dengan produsen sepeda, guna meningkatkan produktivitas industri dalam negeri.

“Salah satunya yang kami inisiasi adalah kemitraan antara PT Terang Dunia Internusa (United Bike) dengan IKM alat angkut. Kami ingin lebih menggenjot produktivitas industri dalam negeri,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih dalam keterangannya, Kamis (3/12).

Gati mengatakan di tengah pandemi ada lonjakan minat masyarakat Indonesia terhadap pertumbuhan industri sepeda dalam negeri. Namun, katanya, pemenuhan kebutuhan komponen sepeda dan aksesorisnya dari rantai pasok global masih menjadi tantangan untuk mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Selain itu, Gati juga menuturkan, saat ini terdapat 350 pelaku IKM alat angkut yang tersebar di sentra-sentra produksi, yang telah menjadi pemasok bagi industri otomotif nasional sebagai tier 2 dan tier 3.

“Sehingga dapat dikatakan bahwa IKM alat angkut telah mampu untuk menyuplai komponen yang memenuhi standar kualitas industri secara konsisten, sehingga memiliki potensi untuk dapat berperan di dalam rantai pasok industri sepeda nasional,” jelas Gati.

Sebelumnya, Manajer Komunikasi Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Fani Rachmita menyatakan pengguna sepeda di Jakarta mulai Oktober 2019 atau ketika awal jalur sepeda dioptimalkan hingga Juni 2020, naik 10 kali lipat atau 1.000%. Pengamatan dilakukan pada hari kerja di jam sibuk yakni pukul 06.30 hingga 08.00 WIB.

"Tentunya kebutuhan yang sangat besar tersebut harus dibarengi dengan penyediaan infrastruktur seperti penambahan infrastruktur jalur sepeda dengan menambah proteksi, menambah rute jalur sepeda, dan menyediakan parkir sepeda di tempat umum," pungkasnya beberapa waktu lalu. (E-3)

Baca Juga

Antara

Perekomian di Jawa Paling Terpukul Akibat Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:30 WIB
Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kota-kota besar Pulau Jawa memengaruhi minat investor menanamkan...
Antara

Sandiaga : Dana Wakaf Dapat Mempertahankan Lapangan Kerja

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:00 WIB
"Dana wakaf ini insyaallah akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan sosial yang lebih luas, apalagi di tengah pandemi...
Antara

Anggaran Kemenhub Dipangkas Rp12,4 T untuk Vaksinasi Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:49 WIB
Seperti diketahui, pemangkasan tersebut terjadi setelah ada instruksi dari Kementrian Keuangan melakukan refocusing anggaran 2021 soal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya