Kamis 03 Desember 2020, 14:01 WIB

Truk ODOL Tambah Beban Biaya Pemeliharaan Jalan

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Truk ODOL Tambah Beban Biaya Pemeliharaan Jalan

Antara/Kornelis Kaha
Deretan truk logistik antarpulau yang terparkir di pelabuhan wilayah NTT.

 

PERGERAKAN truk obesitas atau juga disebut over dimension over load (ODOL) dinilai meningkatkan biaya pemeliharaan jalan di Indonesia. Serta, menimbulkan risiko kecelakaan lalu lintas.

Hal itu ditekankan pemerhati keselamatan berlalu lintas dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Sigit Priyanto. "ODOL ini banyak merugikan daripada menguntungkan. Sehingga, kita bersepakat untuk menuju zero ODOL," pungkas Sigit dalam diskusi virtual, Kamis (3/12).

Baca juga: Truk Over Load Dilarang Melintas Tol Tanjung Priok Hingga Bandung

Menyoroti aspek ekonomi, lanjut dia, setiap 1% penurunan efisiensi pada aktivitas jasa transportasi darat dan logistik menyebabkan penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) riil sebesar 0,057%.

Selain itu, kebijakan zero ODOL diyakini menghemat anggaran pemerintah untuk pemeliharaan jalan, yang sering rusak akibat sering dilewati truk obesitas.

Menurut Sigit, berbagai regulasi terkait truk ODOL harus ditelaah lebih lanjut. Pun, pelaksanaan zero ODOL juga harus disetujui asosiasi pengusaha.

Baca juga: Ada Pandemi, Pembelian Rumah Bersubsidi Tetap Tinggi

"Skenario perubahan pengangkutan barang yang diajukan tim penyusun road map sebagai akibat berlakunya zero ODOL. Pemerintah berusaha memutuskan mana yang lebih efisien dan hemat anggaran," imbuhnya.

Untuk penerapan zero ODOL pada 1 Januari 2023, pemerintah sebaiknya memberikan insentif dalam bentuk Pajak Penghasilan (PPh) atau non-PPh kepada pengusaha.

"Ada juga insentif lain yang cukup menarik untuk mempercepat kepatuhan terhadap zero ODOL. Kita bisa menggandeng asosiasi, sehingga mereka tidak mengalami kerugian dalam penerapan zero ODOL ini,” tandasnya.(OL-11)

Baca Juga

Dok Modernland

Optimistis Properti Rebound, Modernland Siapkan Ekspansi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:40 WIB
Sejumlah pihak, khususnya pengembang optimistis situasi akan kembali pulih pada 2021 dan pasar properti bakal...
DOK MI/Rommy Pujianto

Anggaran Besar, Menkeu Tetap Minta Pemda Dukung Vaksinasi Covid-19

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:29 WIB
Perempuan yang karib disapa Ani itu menambahkan, pemerintah pusat mengestimasi kebutuhan dana untuk program vaksinasi gratis mencapai Rp74...
Antara/Suwandy

Ini Faktor yang Mendorong Pemulihan Ekonomi RI

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:20 WIB
Mulai dari menjaga konsumsi masyarakat, menggencarkan program bansos, percepatan reformasi fiskal dan struktural, hingga penyusunan daftar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya