Kamis 26 November 2020, 02:35 WIB

Enam Provinsi Naikkan UMP Tahun Depan

(Des/E-2) | Ekonomi
Enam Provinsi Naikkan UMP Tahun Depan

Antara
MENTERI Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah

 

MENTERI Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melaporkan enam provinsi yang akan menaikkan upah minimum provinsi (UMP) tahun depan dari sebelumnya yang terpublikasi hanya lima provinsi.

Enam provinsi tersebut ialah Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Bengkulu.

"Ada enam provinsi yang menetapkan upah minimum 2021 lebih tinggi dari 2020. Provinsi yang terakhir melaporkan ikut menaikkan UMP tahun depan ialah Bengkulu," ungkapnya dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi IX DPR, kemarin.

Ida menambahkan, 27 provinsi lainnya dipastikan tetap menetapkan upah minimum 2021 sama dengan 2020. Satu provinsi lainnya, yakni Gorontalo, belum mengambil keputusan mengenai upah minimum. "Sampai sekarang hanya ada satu provinsi yang belum menetapkan upah minimum 2021, yaitu Provinsi Gorontalo," kata Ida.

Ia juga telah menerbitkan Surat Edaran Menaker No 11/2020 yang berisi amanat kepada gubernur di tiap provinsi untuk melaksanakan penetapan upah minimum setelah 2021 sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Kami dapat memahami banyak daerah yang enggak menaikkan UMP 2021 karena kondisi akibat pandemi covid-19. Namun, saya minta diperhatikan juga nasib para pekerja yang sudah berusaha di masa pandemi ini," timpal Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena.

Di kesempatan yang sama, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah juga melaporkan realisasi program Bantuan Subsidi Upah (BSU) per 23 November 2020 yang sudah mencapai Rp21,3 triliun atau 77,51% dari alokasi anggaran sebesar Rp28,14 triliun.

Realisasi penyalurannya terbagi dalam dua gelombang, gelombang pertama tersalurkan Rp14,7 triliun kepada 12,25 juta penerima BSU.

"Sementara untuk gelombang kedua sudah tersalurkan Rp7,1 triliun kepada 5,9 juta penerima BSU. Gelombang kedua ini masih berlangsung dan saat ini sedang dalam dalam proses pencairan," ungkapnya. (Des/E-2)

Baca Juga

ANTARA/Irwansyah Putra

Pemerintah Dorong Modernisasi Koperasi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 28 Juli 2021, 09:01 WIB
Pemerintah fokus dalam modernisasi koperasi dengan tata kelola yang baik atau Good Cooperative Governance (GCG) dalam upaya meningkatkan...
MI/Palce

Kinerja kembali On Track, Pembiayaan BTPN Syariah Tembus Rp10 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Juli 2021, 08:35 WIB
Bank juga akan terus mengembangkan berbagai inovasi teknologi agar nasabah di segmen ini lebih efektif dalam...
Setneg

Airlangga: Pemulihan Ekonomi Berkontribusi Positif pada Kinerja Emiten

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 27 Juli 2021, 23:47 WIB
Perbaikan kinerja emiten, sebut Airlangga, tak lepas dari intervensi pemerintah melalui program Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya