Selasa 24 November 2020, 17:19 WIB

Pemerintah Siapkan 6 Kawasan Industri Halal

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pemerintah Siapkan 6 Kawasan Industri Halal

Antara/Andreas Fitri
Ilustrasi pameran produk halal buatan lokal.

 

PEMERINTAH tengah menyiapkan enam kawasan industri halal di sejumlah wilayah. Upaya tersebut bertujuan mendongkrak pasar produk halal di Tanah Air.

"Ini ada empat kawasan dalam persiapan pengembangan kawasan industri halal. Kemudian, dua kawasan dalam proses permohonan verifikasi," jelas Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam seminar virtual, Selasa (24/11).

Adapun empat kawasan dalam persiapan pengembangan industri halal berlokasi di Kawasan Industri Bintan Inti, Kepulauan Riau, dengan luas hingga 100 hektare. Kemudian, ada di Kawasan Industri Surya Borneo, Kalimantan Tengah, dengan luas 146,5 hektare.

Baca juga: Pengembangan Ekonomi Syariah Butuh Komitmen

Selain itu, di Kawasan Industri Batamindo, Kepulauan Riau, dengan luas 17 hektare. "Kemudian juga ada di DKI Jakarta, yang sedang disiapkan adalah di Kawasan Industri Jakarta Pulogadung," imbuh Susiwijono.

Untuk dua kawasan dalam proses permohonan verifikasi berada di Kawasan Industri Cikande, Serang, Banten, dengan luas 500 hektare. Lalu di Kawasan Industri Safe n Lock, yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, dengan luas 100 hektare.

Baca juga: Produk Halal Tergantung Zat, Cara Memperoleh, Cara Pengolahan

Pemerintah juga mengembangkan klaster halal di dalam Kawasan Ekonomi KShusus (KEK). Seperti, Mandalika, Tanjung Lesung dan Tanjung Kelayang.

Susiwijono mengungkapkan ada empat strategi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia. Seperti, penguatan glolal value chain, keuangan syariah, ekonomi digital, serta sektor UMKM.

"Strategi nasional dalam pengembangan industri halal bertujuan menjadikan Indonesia sebagai pemain utama regional dan global,” tutupnya.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Konsep Buy Now, Play Later Bakal jadi Primadona di 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:55 WIB
Berdasarkan studi dari Coherent Market Insights, pasar Paylater global diperkirakan akan tumbuh dari US$5 juta pada 2019, menjadi US$...
Ist

Agar Tampilan Wajah Segar dan Bebas Kilap Minyak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:20 WIB
Bedak tabur adalah bagian dari kosmetik populer karena setiap wanita menginginkan kulit berseri tanpa kilau minyak dalam tampilan...
AFP/Johan Ordonez

Pemilik British Airways Beli Air Europa dengan Setengah Harga

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:51 WIB
Pemerintah Spanyol telah memberikan Air Europa pinjaman sebesar 475 juta euro untuk membantu maskapai tersebut melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya