Sabtu 21 November 2020, 16:15 WIB

BPJT : Lalin di Jalan Tol Sudah Menuju Normal

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
BPJT : Lalin di Jalan Tol Sudah Menuju Normal

Antara/Fakhri Hermansyah
Tol Cimanggis - Cibitung

 

BADN Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan arus lalu lintas (lalin) jalan tol berangsur pulih dan sudah menuju normal.

"Kita lihat kondisi lalin jalan tol sudah mulai mengarah ke normal. Kalau kita lihat kondisinya sudah mulai pada lagi yang artinya sudah mulai meningkat mengarah ke 100%," kata Kepala Bagian Umum BPTJ, Mahbullah Nurdin saat webinar dengan judul Bisnis Sistem Transportasi di Tengah Pandemi yang diadakan Delameta Bilano, Sabtu (21/11).

Peningkatan terjadi karena masyarakat terutama yang berdomisili di Pulau Jawa untuk berpergian lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dan memanfaatkan jalan tol dibandingkan dengan pesawat.

"Karena kalau pakai pesawat harus rapid test atau swab test dan merasa ribet, sehingga mereka memilih menggunakan jalan tol untuk berpergian," ungkap Nurdin.

Dalam paparannya, saat awal pengumuman virus covid masuk Indonesia penurunannya langsung turun hingga awal Juni. Titik balik peningkatan arus lalin terjadi pada libur panjang pada September-November kenaikannya hampir 90% dengan skala nasional.

Meski mengalami kenaikan. Nurdin juga mengungkapkan bahwa di beberapa daerah terutama daerah kecil arus lalin jalan tol masih terasa sekali dampaknya dan belum terlalu banyak.

"Sehingga diharapkan lalin jalan tol akan segera kembali sehingga tidak terlalu signifikan. Memang pada awal-awal terjadi penurunan yang sangat drastis karena mengalami Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," jelasnya.

Nurdin mengatakan arus lalin jalan tol selama masa pandemi pada Januari-Oktober 2020 jika dilihat memang terjadi penurunan yang drastis di bulan April-Mei mengalami penurunan sampai 60% bahkan di beberapa daerah penurunannya hingga 80%.

Adanya wabah covid membuat BPJT melakukan skenario baik dari sisi konsumsi hingga sisi lainnya. Dari sisi konsumsi diwajibkan petugas melakukan protokol kesehatan termasuk di lapangan dan setiap badan usaha harus memiliki poliklinik atau tenaga di lapangan.

"Hal itu untuk memperingan dan meminimalisir dampak covid terjadi di lapangan. Karena bagaimana pun pembangunan jalan tol harus tetap jalan," pungkasnya. 

Baca Juga

dok.ist

Kementan dan DPR Tingkatkan Kapasitas SDM Pertanian Melawi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:40 WIB
KEMENTAN RI melalui Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru berkolaborasi dengan Komisi IV DPR RI terus berupaya...
Antara/Boyek Lela Martha

Kemendagri: Produk dalam Negeri Harus Jadi Tuan di Rumah Sendiri

👤Yakub Pryatama WIjayaatmaja 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:17 WIB
UMKM harus jadi perhatian  karena sektor ini paling luas serapan lapangan kerjanya,"...
Antara/HO BNBR

Realisasikan Investasi RI-Inggris, Bahlil bakal Bentuk Tim Khusus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:25 WIB
“Saya pikir kita perlu membuat tim khusus untuk merealisasikan kerja sama ini yang akan kita teken saat Konferensi Tingkat Tinggi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya