Jumat 06 November 2020, 14:28 WIB

Dugaan Suap Pesawat, Dirut Garuda Dukung Investigasi KPK Inggris

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Dugaan Suap Pesawat, Dirut Garuda Dukung Investigasi KPK Inggris

Antara
Ilustrasi

 

UPAYA lembaga anti korupsi dari Inggris yakni Serious Fraud Office atau SFO, yang tengah menyelidiki dugaan penyuapan produsen pesawat Bombardier terhadap Garuda Indonesia mendapat dukungan manajemen.

"Kami akan menghormati proses hukum yang tengah berjalan sehubungan dengan dugaan suap kontrak penjualan pesawat Bombardier pada periode tahun 2012 lalu," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya kepada mediaindonesia.com, Jumat (6/11).

Irfan menuturkan, perusahaan penerbangan pelat merah itu juga aktif berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang memastikan penegakan hukum kasus tersebut.

"Dukungan Garuda Indonesia terhadap upaya penegakan hukum ini selaras dengan mandat yang diberikan Pemerintah kepada kami untuk terus memperkuat implementasi Good Corporate Governance pada seluruh aktivitas bisnis Perusahaan," jelas Irfan.

Ia menyebut dengan dukungan Garuda Indonesia ke SFO dan lembaga hukum di tanah air, dapat menyelesaikan kasus dugaan suap di perusahaan badan usaha milik negara itu.

Baca juga : Milenial Disarankan Rumuskan Tujuan Sebelum Memulai Bisnis

"Diarapkan melalui peran aktif yang kami lakukan dalam mendukung upaya penegakan hukum tersebut. Garuda Indonesia dapat secara konsisten menjaga lingkungan bisnis yang transparan," pungkas Irfan.

Diketahui, Investigas SFO ini berkaitan dengan kasus korupsi terdakwa mantan Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar. Ia terlibat dalam kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat Airbus dan Rolls Royce pada maskapai Garuda Indonesia

Emir diduga menerima suap dalam bentuk transfer uang dan aset yang nilainya mencapai lebih dari US$4 juta atau setara dengan Rp52 miliar dari perusahaan asal Inggris, Rolls-Royce.

Dilansir Aerotime, Garuda saat ini mengoperasikan 18 jet regional Bombardier CRJ-1000. Kesepakatan untuk memperoleh pesawat diselesaikan saat Singapore Airshow pada Februari 2012. (OL-2)

 

Baca Juga

Ist/Kementan

Pacu Ketahanan Pangan, Kementan Perkuat Lumbung Pangan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 11:59 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) kian memperkuat peran lumbung pangan masyarakat desa yang dinilai saat ini menjadi sangat...
Ist

Presdir OVO dan Pendiri Bareksa Terima Penghargaan dari OJK

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 11:30 WIB
OJK memberikan penghargaan kepada Presiden Direktur OVO dan Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra sebagai Tokoh Penggerak...
Ist

Kelola Aset, Taspen Percayakan pada Kustodian BNI

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 11:18 WIB
Sebelumnya, BNI dan Taspen telah bekerja sama dalam hal pembayaran uang pensiun yang masih berjalan dengan baik sampai dengan saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya