Kamis 20 Agustus 2020, 09:19 WIB

Apple Perusahaan AS Pertama yang Catatkan Valuasi US$2 Triliun

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Apple Perusahaan AS Pertama yang Catatkan Valuasi US$2 Triliun

AFP/KIMIHIRO HOSHINO
Logo Apple terlihat di rba Buena Center for Arts, San Francisco, California.

 

PERUSAHAAN teknologi Apple berhasil mencatatkan rekor baru. Apple secara resmi menjadi perusahaan pertama di Amerika Serikat (AS) yang mampu mencatatkan market value atau nilai pasar sebesar US$2 triliun, Rabu (19/8).

Perusahaan produsen iPhone tersebut memang sebelumnya berhasil membukukan nilai pasar senilai US$1 triliun pada Maret 2018. Perlu diketahui, nilai saham ialah nilai sebuah perusahaan di bursa saham, dihitung berdasarkan harga saham saat ini.

Selain itu, beberapa perusahaan teknologi lain seperti Amazon, Microsoft, dan Google Alphabet tengah mengekor kesuksesan Apple. Perusahaan-perusahaan itu memiliki nilai pasar lebih dari US$1 triliun.

Baca juga: Wall Street Dibuka Sedikit Berubah Setelah Indeks SP Capai Rekor

Nilai saham berkode AAPL itu telah melonjak hampir 60% tahun ini dan berada pada titik tertinggi sepanjang masa.

Saham AAPL, saat ini, diperdagangkan dengan harga hampir US$470 per lembar. Apple berhasil menaikkan nilai pasar hingga US$2 triliun hanya dalam waktu dua tahun.

Pada kuartal II-2020, Apple mengungkapkan perusahaannya mengalami kenaikan laba bersih sebesar 8% menjadi US$11,2 miliar. Selain itu, pendapatan perusahaan besutan mendiang Steve Jobs tersebut juga naik 11% menjadi US$ 59,7 miliar.

Kesuksesan Apple ini otomatis membawa sang CEO Tim Cook ke dalam jajaran miliarder terkaya dunia. Ia menjadi salah satu dari sedikit CEO yang mencapai level itu tanpa memulai perusahaan yang dipimpinnya.

Investor jatuh hati dengan Apple karena lonjakan penjualan untuk layanan berlangganan seperti Apple Music, iCloud, Apple TV +m dan Apple Arkade. Rencana peluncuran iPhone 12 yang diharapkan punya konektivitas 5G juga menjadi sentimen positif bagi perusahaan. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Antara

Menhub Dorong Perusahaan Produksi Kendaraan Berbasis Motor Listrik

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:24 WIB
Kemenhub juga mendorong penyedia jasa kendaraan untuk publik menggunakan kendaraan...
DOK Pribadi.

2022 Diyakini sebagai Tahun Kebangkitan Properti

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:16 WIB
Pasalnya, Jakarta tetap akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Apalagi pembangunan infrastruktur tetap berjalan seperti kereta cepat, MRT,...
Antara/Dhemas Reviyanto

Aliran Keluar Modal Asing dari Indonesia DIprediksi Hanya Berlangsung Singkat 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:30 WIB
Lebih lanjut, Josua menjelaskan, aliran modal asing yang keluar secara khusus berlangsung di pasar SBN, mengingat di pasar saham masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya