Rabu 15 Juli 2020, 05:10 WIB

Legislator Dukung Industri Farmasi Herbal

Ant/E-2 | Ekonomi
Legislator Dukung Industri Farmasi Herbal

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
LIPI berhasil mengembangkan ramuan tanaman herbal untuk penyembuhan covid-19.

 

WAKIL Ketua DPR yang membidangi industri dan pembangunan, Rachmat Gobel, mengapresiasi langkah pemerintah, lembaga, dan berbagai pihak yang tengah membuat kajian produk obat herbal untuk melawan virus korona.

Upaya itu bukan saja memberi harapan masyarakat bisa segera memasuki kehidupan normal, tetapi juga membuka peluang besar pembangunan industri obat herbal berbasis kekayaan sumber daya tanam­an obat Indonesia.

“Prospek industri berbasis tanaman herbal ini harus mendapat prioritas kebijakan pemerintah. Kemampuan Balitbang dari lembaga terkait, baik pemerintah maupun swasta, harus didukung sepenuhnya,” kata Rachmat Gobel lewat keterangan resminya, kemarin.

Ia menanggapi polemik kalung obat antivirus korona berbasis eucalyptus (minyak kayu putih) yang dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian.

Rachmat meyakini kemampuan kajian dan penelitian para ahli farmasi Indonesia. “Kajian mereka terbukti dan terus berkembang dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Bahkan hasil penelitian itu berhasil dikembangkan dan diproduksi secara industri dan mampu membuktikan produknya menguasai pasar domestik dan ekspor.

Ia menceritakan pernah membuktikan besarnya prospek obat herbal di pasar internasional, saat pelaku usaha dan industri Indonesia melakukan pameran di Rusia.

Respons masyarakat Eropa, khususnya Rusia, begitu besar sehingga produk yang dibawa habis di arena pameran itu. Pembukaan kontrak pembelian oleh beberapa pengusaha besar di sana pun terwujud.

“Produk itu memang tetap harus dibuktikan, diuji, dan dikembangkan lebih jauh efektivitasnya untuk kepentingan yang lebih besar. Namun, dalam kondisi saat ini, kita berkejaran dengan waktu untuk menurunkan angka kematian warga dan yang terinfeksi sebelum ditemukannya vaksin virus korona,” ujarnya.

Legislator dari Partai NasDem itu menuturkan, prospek pasar obat herbal sangat bagus di masa datang, di tengah berkembangnya gaya hidup ramah lingkungan seperti penggunaan obat herbal. (Ant/E-2)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Desa Energi Berdikari Pertamina, Dorong Petani Boyolali Kembangkan Energi Terbarukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 09:16 WIB
Program itu melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading di Dukuh Padokan, Desa Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali untuk mengolah...
Antara

Tarif Baru Ojek Online Dinilai Dapat Mengerek Laju Inflasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:17 WIB
Selain akan mendorong inflasi, kenaikan tarif ojol juga akan mendorong masyarakat pengguna ojol pindah ke moda transportasi lain atau...
Dok. DPR RI

Ketua DPR Ingatkan Pemerintah Bersiap Hadapi Kelangkaan Pertalite

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:05 WIB
“DPR berharap pemerintah bergerak cepat menyiapkan contingency plan saat kuota pertalite benar-benar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya