Rabu 28 Agustus 2019, 06:40 WIB

RUU Pertanahan Perbarui Sistem Informasi Pertanahan

(Ata/Pra/E-2) | Ekonomi
RUU Pertanahan Perbarui Sistem Informasi Pertanahan

MI/PIUS ERLANGGA
MENTERI Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil

 

MENTERI Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengungkapkan pemerintah tengah mempercepat proses perampungan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertanahan untuk disahkan menjadi undang-undang (UU) pada September mendatang.

Sofyan mengungkapkan, salah satu materi yang diperbarui dalam RUU Pertanahan ialah aturan sistem informasi pertanahan dan kawasan yang akan dibuat secara terpadu.

"UU ini tentu ada kaitan dengan kementerian/lembaga yang lain. Kita memperkenalkan sistem informasi tanah dan kawasan terpadu agar masyarakat juga tahu mana haknya serta izin dari pertanahannya," kata Sofyan di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, kemarin.

Sofyan menyatakan UU No 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria membutuhkan pembaruan agar UU tersebut tetap relevan dengan perkembangan zaman.

"Yang selama ini enggak di-atur, sekarang diatur. Diharapkan nanti UU Pertanahan yang baru bisa mengatur masalah pertanahan yang sejak 1960 tidak pernah diatur," ucapnya.

Di kesempatan yang berbeda, Sofyan juga menyampaikan besarnya pelanggaran aturan tata ruang yang terjadi dalam kurun 2015 hingga 2018.

Dalam catatan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), terindikasi ada 6.621 kasus pelanggaran pemanfaatan ruang. Pelanggaran-pelanggaran yang dimaksud meliputi pembangunan tidak sesuai tata ruang serta tidak ada izin pembangunan dan penutupan terhadap akses publik.

Sofyan memastikan pihaknya akan memberi sanksi kepada individu atau badan usaha yang melanggar sekaligus me-nertibkan bangunan-bangunan tersebut.

"Sanksi mulai dari yang paling ringan berupa surat peringatan, penghentian sementara kegiatan, penghentian sementara pelayanan umum, penutupan lokasi, pencabutan dan pembatalan izin, sampai pembongkaran bangunan dan pemulihan fungsi ruang," ujar Sofyan di kantornya. (Ata/Pra/E-2)

Baca Juga

Ist

Fintech Mulai Merambah ke Sektor Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 18:08 WIB
Dengan fintech pertanian, petani sekarang memiliki peluang yang lebih baik untuk menjalin hubungan langsung dengan pemberi...
DOK KEMENTAN

Mentan Ajak Perguruan Tinggi Bangun SDM Pertanian Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 15:19 WIB
Menurut Mentan, perguruan tinggi memiliki tanggungjawab yang sama dalam menyediakan kebutuhan pangan bagi 270 juta penduduk...
DOK KEMENTAN

Kementan Berkomitmen Cegah Korupsi dan Tingkatkan Transparansi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 15:12 WIB
Bambang juga menambahkan terobosan Mentan untuk melakukan digitalisasi dan modernisasi pertanian, dilakukan secara bertahap dan dimulai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya