Rabu 28 Agustus 2019, 06:40 WIB

RUU Pertanahan Perbarui Sistem Informasi Pertanahan

(Ata/Pra/E-2) | Ekonomi
RUU Pertanahan Perbarui Sistem Informasi Pertanahan

MI/PIUS ERLANGGA
MENTERI Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil

 

MENTERI Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengungkapkan pemerintah tengah mempercepat proses perampungan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertanahan untuk disahkan menjadi undang-undang (UU) pada September mendatang.

Sofyan mengungkapkan, salah satu materi yang diperbarui dalam RUU Pertanahan ialah aturan sistem informasi pertanahan dan kawasan yang akan dibuat secara terpadu.

"UU ini tentu ada kaitan dengan kementerian/lembaga yang lain. Kita memperkenalkan sistem informasi tanah dan kawasan terpadu agar masyarakat juga tahu mana haknya serta izin dari pertanahannya," kata Sofyan di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, kemarin.

Sofyan menyatakan UU No 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria membutuhkan pembaruan agar UU tersebut tetap relevan dengan perkembangan zaman.

"Yang selama ini enggak di-atur, sekarang diatur. Diharapkan nanti UU Pertanahan yang baru bisa mengatur masalah pertanahan yang sejak 1960 tidak pernah diatur," ucapnya.

Di kesempatan yang berbeda, Sofyan juga menyampaikan besarnya pelanggaran aturan tata ruang yang terjadi dalam kurun 2015 hingga 2018.

Dalam catatan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), terindikasi ada 6.621 kasus pelanggaran pemanfaatan ruang. Pelanggaran-pelanggaran yang dimaksud meliputi pembangunan tidak sesuai tata ruang serta tidak ada izin pembangunan dan penutupan terhadap akses publik.

Sofyan memastikan pihaknya akan memberi sanksi kepada individu atau badan usaha yang melanggar sekaligus me-nertibkan bangunan-bangunan tersebut.

"Sanksi mulai dari yang paling ringan berupa surat peringatan, penghentian sementara kegiatan, penghentian sementara pelayanan umum, penutupan lokasi, pencabutan dan pembatalan izin, sampai pembongkaran bangunan dan pemulihan fungsi ruang," ujar Sofyan di kantornya. (Ata/Pra/E-2)

Baca Juga

Antara

RI-Swiss Teken Perjanjian Perlindungan Penanaman Modal 

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:39 WIB
Adapun perjanjian dibuat dalam rangka kerja sama ekonomi, khususnya investasi kedua negara, dengan memberikan perlindungan hukum dan...
Ist

Unit Usaha dan Mitra APP Sinar Mas Raih Penghargaan SMK3 dari Kemenaker

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:38 WIB
Penghargaan tersebut adalah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Kementerian Ketenagakerjaan  untuk kategori...
Dok.Setwapres

Koreksi dari Jubir, Tidak Benar Wapres Minta Menunda Rencana Merger BTN Syariah

👤Emir Chaerullah 🕔Rabu 25 Mei 2022, 13:25 WIB
Informasi tersebut, setelah ditelisik, bersumber dari rilis yang diproduksi Humas DPP...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya