Selasa 13 Agustus 2019, 12:09 WIB

Atasi Masalah CAD, Menkeu Siap Keluarkan Kebijakan Fiskal

Nur Aivanni | Ekonomi
Atasi Masalah CAD, Menkeu Siap Keluarkan Kebijakan Fiskal

MI/Susanto
Menteri Keuangan Sri Mulyani

 

MENTERI Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya siap dengan seluruh instrumen untuk membantu kementerian terkait dan pemerintah daerah mengatasi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

Hal itu disampaikan Sri saat menanggapi CAD Kuartal II 2019 yang melebar yang mencapai 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Kementerian terkait apakah itu menteri energi karena ini berhubungan dengan migas, kementerian investasi, kementerian perdagangan, kementerian industri, kementerian pertanian, semua yang memiliki portfolio penyumbang trade maupun account deficit itu terjadi," tuturnya saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (13/8).

Ia mengatakan pihaknya siap menggunakan instrumen fiskal untuk membantu kementerian terkait dan pemda untuk bisa meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.

Baca juga: Belanja Pemerintah Jangan sekadar Rutinitas

Pihaknya, kata dia, akan terus melihat apa saja formulasi kebijakan-kebijakan yang bisa membantu dalam mengatasi CAD tersebut.

"Jadi feedback dan hubungan kami dengan seluruh kementerian/lembaga maupun pemda dan pengusaha, kita harapkan kita juga bisa terus meng-adjust policy kita sesuai dengan kebutuhan," ucapnya.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) mencatat defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) pada Kuartal II 2019 naik menjadi US$8,4 miliar atau 3% dari PDB. (OL-2)

Baca Juga

 ANTARA/Musyawir

Aptindo Siap Edukasi Petani Lokal Tingkatkan Produksi Gandum

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 18:03 WIB
Asosiasi Pengusaha Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) memiliki solusi dengan melestarikan petani gandum lokal untuk terus berproduksi di...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Mudahkan Beli Properti melalui Wish for Home

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 17:56 WIB
Yang menarik lagi, Sinar Mas Land memberikan insentif bagi pemberi referensi sebesar...
DOK Pribadi.

Bisnis Modern Trade Independent Tumbuh saat Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 17:55 WIB
Beberapa brand dan peritel MTI masih bisa mempertahankan angka penjualannya dengan stabil, bahkan ada yang bisa growth...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya