Kamis 25 Juli 2019, 18:14 WIB

Menkeu: Presiden yang Akan Umumkan Regulasi Mobil Listrik

Akmal Fauzi | Ekonomi
Menkeu: Presiden yang Akan Umumkan Regulasi Mobil Listrik

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Menter Keuangan Sri Mulyani mencoba kabin mobil listrik yang dipamerkan di di GIIAS 2019.

 

PRESIDEN Joko Widodo akan menyiapkan payung hukum atas komitmen pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Regulasi itu berupa Peraturan Presiden (Perpres) serta Peraturan Pemerintah (PP).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, Perpres itu akan mengatur mengenai ekosistem industri kendaraan listrik. Setelah Perpres tersebut dirilis, pemerintah segera menyusun PP yang salah satunya menyangkut penurunan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan listrik.

“Bapak presiden nanti akan mengumumkan untuk peraturan pemerintah maupun Perpresnya dalam rangka mendukung industri otomotif terutama yang berbasis listrik,” kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/7).

Baca juga: Bertemu Jokowi, Bos Hyundai Bahas Investasi Hingga Mobil Listrik

Dia menjelaskan, PP dan Perpres itu diharapkan membuka berpeluang mendorong Indonesia sebagai pusat ekspor dunia. Dua aturan tersebut juga diharapkan tak hanya menggairahkan industri otomotif dan mobil listrik, tapi ekosistem pendukungnya.

“Jadi kita tidak membangun industri hanya untuk konsumsi dalam negeri. Tren seluruh dunia untuk kendaraan berbasis listrik sangat meningkat," kata dia.

Selain akan mengeluarkan PP dan perpres, dia menyebut kementeriannya juga akan menambahkan aturan turunan berupa peraturan menteri keuangan (PMK). Saat ini, rancangan PMK sedang disiapkan.

Dalam PMK itu, kata dia, salah satu yang diatur yakni soal insentif libur pajak (tax holiday). Sebab, industri otomotif merupakan salah satu industri yang sudah memenuhi kategori penerima insentif tersebut.

"Kami tunggu PP dan Perpresnya dulu, tapi kami sudah mulai (menyiapkan PMK)," jelasnya.(OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Ekonom: Jabatan Pimpinan BI tidak Boleh Diisi Politisi, Risikonya Besar

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 30 September 2022, 23:26 WIB
Pasalnya, Bank Indonesia memiliki peran yang amat strategis bagi perekonomian nasional. Kesalahan dalam pengelolaan Bank Sentral akan...
Antara

Pemerintah Kembali Cairkan BSU BBM pada Pekan Depan

👤Ficky Ramadhan 🕔Jumat 30 September 2022, 22:19 WIB
Sejauh ini, BSU BBM sudah disalurkan kepada 7 juta pekerja. Pemerintah memperkirakan total jumlah penerima BSU BBM sekitar 14,6 juta...
MI/BAYU ANGGORO

Importir Kedelai Amerika akan Disertifikasi

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 22:05 WIB
Kebijakan ini menjadi penting bagi para konsumen kedelai Amerika Serikat di seluruh dunia termasuk di Indonesia  yang telah lama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya