Senin 27 Mei 2019, 21:28 WIB

FKDB: Pupuk Batubara Tingkatkan Hasil Pertanian 45%

Selamat Saragih | Ekonomi
FKDB: Pupuk Batubara Tingkatkan Hasil Pertanian 45%

Dok. FKDB
Panen dari hasil pupuk organik berbahan dasar batubara

 

FORUM Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) mengaku siap bekerja sama dengan investor yang akan menginvestasikan dananya untuk memajukan pertanian dengan penerapan teknologi nutrisi esensial Saputra di Indonesia.

Koordinator FKDB AA Zaki mengatakan, pada dasarnya penemuan teknologi terbarukan pupuk organik yang berbahan dasar batubara telah lama terdengar.

"Pupuk organik berbahan dasar batubara khususnya batubara muda mulai dikenalkan oleh penemunya yakni Umar Hasan Saputra atau yang lebih dikenal dengan panggilan pak Saputra," kata Zaki, di Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Baca juga : Pupuk Indonesia Telah Salurkan 3,7 Juta Ton Pupuk Subsidi

Menurutnya, dari hasil penelitian secara ilmiah diketahui pupuk organik batubara adalah pupuk terbaik untuk segala jenis tanaman. Karena, berbagai unsur hara yang dimiliki oleh batubara baik itu unsur makro maupun mikro.

"Dengan kandungan unsur hara yang nyaris sempurna ini dari mulai unsur nitrogen, kalium, posfat, hidrogen, phospor, zeng, calsium, besi dan lain lain yang tak kurang dari 70 unsur makro dan mikro, maka dapat di yakinkan bahwa pupuk organik berbahan dasar batubara adalah pupuk organik terbaik," jelasnya.

Selama ini kata Zaki, dirinya selalu menerapkan teknologi nutrisi esensial Saputra powder dan nutrisi Saputra yang merupakan bagian tak terpisahkan dari pupuk organik batubara.

"Saya berkesinambungan melakukan terobosan dan percobaan dengan membuka demplot pertanian di berbagai wilayah nusantara. Dari mulai pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Maluku, Papua dan daerah lainnya," ungkap Zaki.

Dari berbagai percobaan demplot pertanian yang bekerja sama dengan para petani, menurut Zaki, didapatkan hasil yang sangat menggembirakan dengan peningkatan hasil pertanian rata-rata diatas 45% dan dengan kesuburan tanah yang semakin meningkat dan membaik.

"Hasil panenya sangat menggembirkan busa meningkat hingga 40-45%," pungkas Zaki. (OL-8)

Baca Juga

MI/HO

Mendag Sebut Harga Komoditas Tinggi Peluang bagi Investasi dan Inovasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:11 WIB
“Ini bagian dari oprtunity. Harga komoditas tinggi ini menyebabkan banyak investasi dan inovasi untuk menciptakan nilai tambah bagi...
MI/ Susanto

Kemenkeu: Kondisi Utang Indonesia Lebih Baik dari Negara Lain

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:57 WIB
Selain itu, rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga disebut masih berada di bawah batas...
MI/Pierre Lavender

Wafa Taftazani Sebut Ransverse Jadi Indonesia’s Premier Metaverse

👤Pierre Lavender 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:54 WIB
Dalam metaverse yang dibuat oleh Rans Entertainment, terdapat 24.000 lands sebagai pengisi geografi dan dapat diisi oleh para kreator...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya