Sabtu 23 Februari 2019, 13:59 WIB

Indonesia Desak India Turukan Bea Masuk Produk Sawit

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Indonesia Desak India Turukan Bea Masuk Produk Sawit

MI/ROMMY PUJIANTO

 

PEMERINTAH mendesak India untuk menurunkan tarif bea masuk produk minyak kelapa sawit olahan (Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil/RBDPO) asal Indonesia.

Desakan tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat bertemu Menteri Perdagangan, Perindustrian dan Penerbangan Sipil India, Suresh Prabhu, di sela-sela agenda India-ASEAN Expo and Summit ke-4: Co-creating the Future.

Baca juga: Modal Asing Terus Mengalir

Saat ini, tarif bea masuk yang ditetapkan India untuk RBDPO asal Indonesia tercatat sebesar 50%. Angka itu 5% lebih tinggi dari bea masuk produk serupa asal Malaysia yang ditetapkan 45%.

“Kami meminta tarif bea masuk RBDPO Indonesia ke India diturunkan 5% agar sama seperti yang berlaku untuk Malaysia," ujar Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, melalui keterangan resmi, Sabtu (23/2).

Sebagai imbalannya, Indonesia bersedia membuka akses pasar gula mentah dari India untuk memenuhi kebutuhan industri nasional.

"India memiliki kualitas gula yang bagus dan dapat dijadikan salah satu sumber impor. Selama ini, pasokan gula mentah kita hanya berasal dari Thailand dan Australia," lanjut Enggar.

Menanggapi permintaan itu, Enggar menyebutkan Menteri Suresh Prabhu menyambut dengan positif. “Respons sangat positif. Beliau menginstruksikan pejabat teknis terkait untuk segera mengambil langkah pemenuhan permintaan tersebut,” paparnya.

Baca juga: Perubahan Aturan KPR FLPP Disiapkan

Selain membahas persoalan produk RBDPO, kedua menteri juga berkomitmen meningkatkan hubungan ekonomi melalui penyelesaian hambatan tarif dan nontarif pada komoditas-komoditas lainnya.

“Kami sepakat menghilangkan hambatan tarif dan nontarif di antara kedua negara. Hal ini sejalan dengan prinsip kolaborasi dan kemitraan yang diusung pada pertemuan India-ASEAN Expo and Summit ke-4 yaitu ‘Co-creating the Future’," tandas Enggar. (OL-6)

Baca Juga

MI/Dwi Aprinai

Gelontorkan Minyak Goreng Sesuai Ketentuan, Wilmar Minta Konsumen Tidak Panic Buying

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:25 WIB
Seluruh merek minyak goreng produksi Wilmar saat ini telah seluruhnya dipasarkan seharga Rp 14 ribu, yaitu Sania, Siip, Sovia, Mahkota,...
MI/Selamat Saragih

Insentif Bisnis Minta Ditingkatkan, Pengusaha Klaim Bermanfaat Bagi Pendidikan

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:20 WIB
DALAM upaya mendongkrak perekonomian pasca Pandemi Covid-19, pemerintah diharapkan perlu mengatur insentif yang dapat dirasakan manfaatnya...
dok angkasa pura

Tingkatkan Transparansi, Angkasa Pura II Gandeng Visi Integritas

👤RO/Micom 🕔Minggu 23 Januari 2022, 10:30 WIB
PT Angkasa Pura II meningkatkan transparansi, akuntabilitas, integritas, dan budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya