Rabu 09 Januari 2019, 19:57 WIB

Citi Indonesia Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM Muda

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Citi Indonesia Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM Muda

Ilustrasi

 

CITI Indonesia bersama lembaga nirlaba Indonesia Business Link (IBL) terus berkomitmen untuk membantu meningkatkan kemampuan generasi muda dalam hal pengelolaan finansial melalui program Skilled Youth tahap III.

Director Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera Makki mengungkapkan program yang diadakan di lima wilayah Jawa Barat itu didesain untuk menciptakan pemuda yang andal dan mampu bersaing dalam dunia bisnis.

"Kami ingin para individu muda dapat mengembangkan potens mereka, mampu memiliki kemandirian finansial sejak awal. Bekal itu akan dapat digunakan ketika mereka berkompetisi di dunia kerja atau terjun ke dunia wirausaha," ujar Elvera di Jakarta, Rabu (9/1).

Adapun, wilayah Jawa Barat dipilih sebagai lokasi pelatihan tahap ketiga lantaran tingginya jumlah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di provinsi tersebut. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, TPT di Jawa Barat tercatat sebesar 8,17%, satu tingkat di bawah Banten yang mencapai 8,52% yang merupakan tertinggi di Indonesia.

Adapun, lokasi yang menjadi target pelatihan difokuskan di Bekasi, Cikarang, Karawang, Bandung dan Purwakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Bappenas Mahatmi Parwitasari Saronto mengakui bahwa TPT pada angkatan kerja usia 15-24 tahun memang masih cukup tinggi dibandingkan kelompok umur lainnya yakni mencapai 19,68%.

Secara umum, TPT pada Agustus 2018 tercatat sebesar 5,34% atau turun sebanyak 40 ribu orang. Ditargetkan, pada 2019, angka TPT bisa semakin ditekan hingga 4,8%.

"Untuk mencapai itu, tentu kami mengapresiasi setiap program yang dijalankan terutama oleh dunia usaha. Untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia tentu diperlukam sinergi dari seluruh pihak terkait," ucapnya.

Program Skilled Youth tahap ketiga telah berlangsung sejak Agustus 2018 dan akan berakhir pada Juni 2019 dan melibatkan 250 pemuda di usia 16-25 tahun.

Direktur Eksekutif IBL Mohamad Fahmi mengatakan pihaknya bersama Citi Indonesia akan terus melanjutkan program Skilled Youth ke seluruh penjuru daerah, tidak terbatas di Jawa Barat saja. (OL-7)

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Industri Halal Berpeluang Picu Pemulihan Ekonomi Nasional

👤Ghani NUrcahyadi 🕔Jumat 25 Juni 2021, 00:36 WIB
Deputi Direktur Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia Diana Yumanita mengemukakan, saat ini posisi Indonesia sudah masuk...
Antara

Pembangunan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Dimulai Tahun Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:17 WIB
Pembangunan Pelabuhan Anggrek akan dilakukan dua tahap dengan nilai investasi sekitar Rp1,4...
Dok Modernland

Kota Modern Pacu Properti Komersial

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 22:50 WIB
Tren permintaan dan kebutuhan properti komersial berupa ruko di kawasan itu masih sangat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya