Sabtu 05 Januari 2019, 14:00 WIB

Menhub: 70% Kecelakaan Lalu Lintas Dialami Sepeda Motor

Antara | Ekonomi
Menhub: 70% Kecelakaan Lalu Lintas Dialami Sepeda Motor

ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan 70% kecelakaan lalu lintas di jalan raya dialami pengendara sepeda motor karena memang kendaraan itu memiliki risiko tinggi.

"Memang sepeda motor efisien sebagai alat transportasi tapi juga memiliki risiko kecelakaan tinggi," katanya kepada pers di Depok, Jawa Barat, Sabtu (5/1).

Hal tersebut disampaikan saat kampanye Keselamatan Berkendara yang diikuti Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi.

Dalam kampanye itu Menhub Budi Karya naik sepeda motor dari Stasiun Depok Baru menuju Transmart Carrefour sekitar 30 menit yang diikuti ratusan pengemudi Gojek.

Menhub mengatakan sepeda motor memiliki risiko tinggi maka pengemudi harus mengutamakan keselamatan antara lain menyiapkan keahlian mengendara, memeriksa kondisi kendaraan, tidak ngebut, serta menggunakan alat keselamatan seperti helm.

 

Baca juga: Sepeda Motor Listrik Segera Diproduksi Massal

 

Saat ini, lanjut dia, pertumbuhan sepeda motor cukup pesat karena memang menjadi angkutan utama bagi warga di Indonesia.

Akibat banyaknya sepeda motor di jalan raya, angka kecelakaan juga cukup tinggi yang jumlahnya mencapai 70% dari total kecelakaan.

"Untuk itu saya akan selalu melakukan kampanye keselamatan dan yang di Depok adalah sudah yang kesekian kali, setelah di beberapa kota," ujarnya.

Kampanye keselamatan ini, kata Menhub, sangat penting mengingat Gojek sudah menjadi pilihan bagi banyak warga sebagai alat transportasi.

"Dalam kesempatan ini tentu saya minta agar pengemudi Gojek tetap memperhatikan keselamatan berkendara. Jangan ngebut dan tetap waspada," ujarnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok. ASHA

Sehari Melantai di Bursa, Saham ASHA Langsung Naik 35% dan Sentuh ARA 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:03 WIB
Baru saja listing, saham Perseroan sudah menyentuh Auto Reject Atas (ARA) dengan menguat 35 persen atau 35 point di level Rp135 per lembar...
ANTARA

Kemenperin Gandeng JICA Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:00 WIB
KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri otomotif di Tanah...
Dok. Apotek K-24

Apotek K-24 Lakukan Pembukaan 35 Gerai Baru Secara Serentak

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 22:50 WIB
Manajer Operasional Apotek K-24 Endah Eka Yani mengatakan, Apotek K-24 masih terus menargetkan penambahan gerai di seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya