Rabu 06 Juni 2018, 18:45 WIB

Bank Dunia Soroti Kualitas Pendidikan Indonesia

Erandhi Hutomo Saputra | Ekonomi
Bank Dunia Soroti Kualitas Pendidikan Indonesia

Ist

 

UNTUK merealisasikan pertumbuhan ekonomi bisa lebih tinggi lagi, Bank Dunia meminta Indonesia untuk tidak fokus hanya pada pembangunan fisik berupa infrastruktur, tetapi juga pembangunan manusia melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Sayangnya, menurut Country Director Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Rodrigo A Chaves, kualitas pendidikan masih rendah meski reformasi pendidikan di Indonesia telah berlangsung 15 tahun dengan meningkatkan anggaran pendidikan sebesar 20%.

"Jumlah siswa yang bersekolah telah tumbuh signifikan, tetapi kualitas pembelajaran siswa tetap berada di bawah tingkat negara-negara lain di kawasan," ujar Rodrigo dalam laporan Indonesia Economic Quarterly edisi Juni 2018 di Gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta, Rabu (6/6).

Rendahnya kualitas pendidikan Indonesia itu, lanjut Rodrigo, terlihat melalui tingkat buta huruf anak-anak usia 15 tahun di Indonesia yang mencapai 55%. Angka itu jauh lebih tinggi dibanding Vietnam yang hanya 10%.

Menurutnya, reformasi pendidikan dalam pelaksanaanya menyebabkan hasil yang tidak merata. Untuk itu pertama, Bank Dunia merekomendasikan agar pemerintah perlu meningkatkan perekrutan guru yang berkualitas seiring dengan banyaknya guru yang pensiun dalam 10 tahun mendatang.

Selanjutnya yakni melengkapi mekanisme pembiayaan untuk pendidikan dengan transfer yang targetnya ditetapkan dengan baik dan berbasis kinerja untuk sekolah dan kabupaten yang tertinggal.

"Lalu meluncurkan kampanye kualitas pendidikan nasional untuk menciptakan kesadaran publik dan tekanan untuk melakukan tindakan yang efektif untuk perbaikan kegiatan belajar mengajar," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Pamerkan Produk Pertanian Nusantara di Acara ODICOFF

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:33 WIB
Kopi khas Indonesia yaitu Kopi Gayo, Kopi Lintong, Kopi Mandailing, Kopi Jawa, Kopi Luwak, Kopi Kintamani Bali, Kopi Toraja, dan Kopi...
DOK KEMENPERIN

Kemenperin Usung Eksistensi Making Indonesia 4.0 di ITAP 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:22 WIB
Dirjen KPAII menjelaskan, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat tujuh sektor industri yang mendapat prioritas...
DOK Sinar Mas Land.

Green Office Park 1 Menjadi Tuan Rumah GBC Ideas 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:40 WIB
GBC Ideas merupakan kegiatan tahunan yang diadakan GBC Indonesia untuk kompetisi inovasi dan terobosan baru dalam pembangunan green...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya