Selasa 19 September 2017, 02:01 WIB

Biaya Impor Gula dari Australia akan Diturunkan

(Jes/E-2) | Ekonomi
Biaya Impor Gula dari Australia akan Diturunkan

FOTO ANTARA/R. Rekotomo

 

PEMERINTAH akan menurunkan bea masuk impor gula mentah (raw sugar) dari Australia. Kebijakan itu akan dimatangkan bulan ini saat pemerintah Australia datang ke Indonesia. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pihaknya akan menerima Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo pada 20 September mendatang.

"Kita sudah sepakat kita dapat kemudahan ekspor herbisida dan pestisida ke sana dan kita kasih itu (penurunan bea masuk impor gula mentah) ke mereka," ucap Enggar di Jakarta, Senin (18/9).

Indonesia bakal menurunkan tarif bea masuk impor gula mentah dari Australia menjadi sebesar 5%, sedangkan Australia menurunkan tarif bea masuk impor herbisida dan pestisida dari Indonesia menjadi sebesar 0%. Dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia dengan Australia-Selandia Baru (AANZFTA), produk gula mentah dan turunannya yang masuk ke Australia dikenai tarif Rp550/kg dan Rp790/kg atau setara dengan 8%-13%.

Untuk produk herbisida dan pestisida dari Indonesia, tarif bea masuk impor yang dikenakan Australia sebelumnya sebesar 5%.

Baca Juga

Antara

Ekspor Minyak Goreng Dibuka, Presiden: Kita Tetap Awasi secara Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:12 WIB
Keputusan tersebut diambil setelah melihat adanya pasokan di dalam negeri yang terus...
Antara/Bayu Pratama S

Larangan Ekspor CPO Dicabut, Kebijakan Perombakan Persawitan Mendesak Direalisasikan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:54 WIB
"Kami apresiasi, walau harga tandan buah segar (TBS) sawit para petani SPI di berbagai daerah sudah sempat sangat jatuh, belum lagi...
Dok. Pribadi

Inovasi Desain Interior Beri Kesan Mendalam Pada Suatu Bangunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:40 WIB
Inovasi desain interior sebuah Rumah Sakit harus memperhatikan kepentingan nyawa seseorang, tidak bisa dibuat sembarangan terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya