Senin 18 September 2017, 08:01 WIB

BTN Segera Luncurkan Sistem Pembayaran QR

(RO/E-3) | Ekonomi
BTN Segera Luncurkan Sistem Pembayaran QR

FOTO ANTARA/Henky Mohari

 

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap meluncurkan sistem pembayaran baru Quick Respons (QR) Pay pada kuartal IV 2017. Sistem itu diklaim bisa menggantikan mesin electronic data capture (EDC) yang saat ini digunakan sebagai sarana alat pembayaran.
“Kami sedang mengajukan lisensi kepada Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami harap bisa segera diperkenalkan pada kuartal IV tahun ini,” ujar Direktur Utama BTN Maryono seusai mendampingi Menteri BUMN Rini Soemarno saat mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) BTN di Desa Karanganyar, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/9).

Maryono mengatakan, QR Pay merupakan sistem pembayaran yang dilakukan melalui ponsel pintar dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi mobile banking BTN. Pengembangan sistem QR Pay ini akan membuat akses BTN terhadap dana retail semakin meningkat. Sebabnya, untuk bisa menggunakan QR Pay, pengguna harus menjadi nasabah BTN terlebih dahulu. Menurut dia, aplikasi itu memudahkan merchant dan nasabah untuk melakukan pembayaran saat bertransaksi secara langsung. Sementara itu, estimasi target transaksi QR Pay ialah 170 ribu transaksi dengan nominal Rp85 miliar untuk satu tahun pertama.

“Selain menjadi pendapatan nonbunga, QR Pay bisa menurunkan biaya pengadaan alat gesek kartu atau electronic data capture,” kata Maryono. Direktur Jaringan dan Distribusi BTN Budi Satria mengakui saat ini pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan berbagai merchant untuk menyukseskan peluncuran QR Pay. Selain itu, BTN terus mengedukasi nasabah mereka agar memanfaatkan layanan mobile banking perseroan. Saat ini, lanjut dia, nasabah BTN yang aktif menggunakan mobile banking baru mencapai 600 ribu dari total nasabah perseroan yang mencapai 6 juta. Tahun ini ditargetkan sekitar 1,2 juta nasabah BTN yang menggunakan layanan mobile banking. “Kami harapkan ada kenaikan 100%,” katanya.

Mengenai pemanfaatan Balkondes, Budi mengungkapkan BTN menginginkan dengan kehadiran Balkondes bisa meningkatkan potensi ekonomi di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Untuk itu perseroan membantu para petani gerabah melakukan desain dan packaging yang sesuai dengan kebutuhan pasar. “Bahkan kami juga akan membantu memasarkan melalui Belanja.com,” pungkas Budi. (RO/E-3)

Baca Juga

Ist

Asya Hadirkan Hunian Mewah Bertema Post-Pandemic

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:27 WIB
Rumah mengangkat konsep Tropical Modern ramah lingkungan dan didesain untuk menjawab kebutuhan hunian di era new...
DOK Sinar Mas Land.

Southgate Residence Beri Keringanan Pembelian Apartemen Bersama Jendela360

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:11 WIB
Kerja sama itu diluncurkan pada Southgate Expo pada 21-29 Mei 2022 di Main Atrium AEON Mall...
Ilustrasi

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:00 WIB
Kebangkitan industri pernikahan disebutkan oleh Peter mampu memberikan efek domino terhadap perbaikan ekonomi pasca pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya