Rabu 05 Juli 2017, 09:40 WIB

Empat Proyek Migas Jadi Prioritas

Administrator | Ekonomi
Empat Proyek Migas Jadi Prioritas

ANTARA

 

PEMERINTAH memutuskan empat proyek blok minyak dan gas bumi (migas) masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal itu disebabkan keempat proyek itu menghasilkan gas dengan kapasitas besar yang akan memenuhi kebutuhan energi masa depan.

Keempat proyek tersebut adalah kilang gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Tangguh Train 3 milik British Petroleum (BP) Berau Ltd, pengembangan Blok Masela yang dioperatori Inpex Corporation, proyek lapangan gas laut dalam (Indonesia deepwater development/IDD) milik Chevron, dan lapangan unitisasi Jambaran-Tiung Biru yang dioperatori PT Pertamina EP Cepu.

"Jambaran Tiung Biru, IDD, Tangguh, Masela, semua gas. Ini masa depan energi kita yang kelihatannya banyak gas ketimbang minyak. Karena itu, kita harus efisien, pakai teknologi yang tepat," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, di Jakarta, kemarin. Dengan masuk daftar PSN, keempat proyek itu diharapkan dapat menambah pundi-pundi devisa negara. Keempat proyek juga dipastikan akan dapat memenuhi kebutuhan gas domestik tanpa perlu mengimpor.

"Nanti proyek ini bisa memenuhi kebutuhan 10-20 tahun," kata dia. Karena masuk prioritas, Arcandra melanjutkan pemerintah akan berupaya agar pengembangan dapat dilakukan secepat mungkin terutama terkait dengan penggunaan teknologi.

Terlebih, dengan masuk PSN, pembangunan keempat proyek itu akan diatur di dalam peraturan presiden (perpres) sehingga bisa mendapatkan kemudahan seperti pembebasan lahan serta kemudahan perizinan. Sebelumnya, ada tiga proyek migas nasional yang juga masuk proyek strategis nasional, yakni Kilang Bontang, Kilang Tuban, dan Refinery Development Masterplan Program (RDMP) Kilang Cilacap. (Ant/E-4)


Baca Juga

Ist/Kementan

Menggeliat, Ekspor Bunga dari Sulawesi Utara Tembus Lima Negara

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 09:27 WIB
Pada tahun 2021 belum genap satu bulan, Karantina Pertanian Manado telah memfasilitasi 8 kali sertifikasi ekspor tanaman hias tujuan yaitu...
Dok eFishery

eFishery Tarik CEO GoPay Jadi Komisaris

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 08:26 WIB
Pengalaman Aldi Haryopratomo sebagai CEO GoPay dilirik eFishery, aplikasi akuakultur terbesar di Asia menjadi...
ANTARA FOTO/	MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS

Sandiaga Gandeng Asosiasi Pengusaha Pribumi Kembangkan Desa Wisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Januari 2021, 08:23 WIB
Desa wisata telah menjadi tren pariwisata dunia yang menawarkan pengalaman liburan otentik di tengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya