Jumat 12 Agustus 2022, 19:30 WIB

Patah Tulang Pinggul Menghantui Perempuan Vegetarian

Putri Rosmalia | Weekend
Patah Tulang Pinggul Menghantui Perempuan Vegetarian

Unsplash/ Alex Kondratiev
Ilustrasi vegetarian.

 

PEREMPUAN yang menjalani pola makan vegetarian beresiko lebih tinggi mengalami patah tulang pinggul ketika memasuki usia senja dibandingkan dengan yang mengonsumsi ragam produk hewani. Hal itu diketahui dari hasil studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Leeds, Inggris.

 

Doktor James Webster melakukan penelitian dengan menggunakan data pola makan dari 26 ribu orang perempuan dalam rentang waktu 22 tahun terakhir. Dari data tersebut didapatkan fakta, perempuan vegetarian memiliki resiko hingga tiga kali lipat lebih tinggi mengalami patah atau pergeseran pada tulang pinggul di usia tua. 

 

Webster mengatakan ia masih harus melakukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan relasi antara vegetarian dengan ketahanan tulang pinggul. Namun, ia meyakini hal itu berkaitan dengan kurangnya beberapa nutrisi yang jauh lebih banyak terdapat pada produk hewani. Hal itu menyebabkan para vegetarian lebih rentan dari sisi ketahanan tulang dan otot.

 

“Satu hal yang harus dipahami adalah bahwa vegetarian tetap memiliki banyak manfaat kesehatan dari banyak sisi. Hanya saja bagi para vegetarian, jangan lupa untuk memantau ketat kecukupan nitrisi dan mencari alternatif sumber nutrisi yang tidak bisa mereka dapatkan dari produk nabati,” ujar Webster, dilansir dari theguardian.com, Kamis, (11/8).

 

Dikatakan Webster, menjalani pola hidup vegetarian merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah berbagai penyakit. Di antaranya diabetes, obesitas, penyakit jantung, hingga kanker. Namun, ia juga tidak menampik pentingnya keseimbangan asupan nutrisi bagi tubuh. Termasuk jenis nutrisi yang berasal dari sumber hewani.

 

Bagi para vegetarian yang telah terlanjur lalai mencari alternatif nutrisi yang berasal dari produk hewan, Webster mengimbau untuk lebih berhati-hati ketika berkegiatan. Karena sekitar 90% masalah pada tulang pinggul dipicu oleh kecelakaan atau terjatuh. Umumnya kejadian tersebut terjadi pada para lansia.

 

“Vegetarian umumnya punya berat badan yang lebih ringan dibandingkan yang tidak. Hal itu membuat ketahanan tulang dan otot sangat mungkin menjadi lemah karena kurangnya kadar lemak yang berfungsi sebagai bantalan dan pelindung,” ujar Webster. (M-1)

Baca Juga

AFP/STR

Kenali Bahaya dan Hal Terpenting Dilakukan Saat Terkena Gas Air Mata

👤Nike Amelia Sari 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:39 WIB
  Menyebarkan gas air mata sering menyebabkan kepanikan dan disorientasi yang meluas di kerumunan...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Mahar Kepala Daerah

👤M. Tiyok 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 05:55 WIB
GILA ya Jon untuk jadi kepala daerah MAHARNYA sampai puluhan...
Butet K

Bung Sentil: Jangan Berisik

👤Butet K 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 05:35 WIB
MASIH inget partai yang kampanye anti korupsi, tapi kadernya ditangkapi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya