Kamis 29 Juli 2021, 21:30 WIB

Berenang Membantu Proses Belajar Kosakata Pada Anak

Galih Agus Saputra | Weekend
Berenang Membantu Proses Belajar Kosakata Pada Anak

kidslovetoswim.com
Ilustrasi

Aktivitas olahraga berenang tampaknya tidak hanya berdampak pada kesehatan. Kegiatan ini juga memberi pengaruh pada perkembangan kognitif, khususnya pada anak-anak.

Hal demikian terbukti lewat sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan oleh para peneliti dari University of Delaware, Newark, Amerika Serikat. Lewat Journal of Speech Language and Hearing Research, mereka mengatakan kegiatan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan kosa kata anak-anak.

Dalam jurnal itu pula, mereka menjelaskan tingkat akurasi belajar anak pada kosakata, yang diikuti aktifitas berenang mencapai 13%. Persentase itu mereka dapat setelah melakukan uji coba pada anak usia 6 sampai 12 tahun. Sebelum diminta memilih tiga aktivitas, berenang, menggambar, dan latihan peregangan (CrossFit) mereka dikenalkan dengan beberapa kosa kata baru terlebih dahulu.

"Gerakan motorik membantu proses pengodean kata-kata baru. Olahraga diketahui menaikan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak," kata peneliti utama dalam studi ini, Maddy Pruitt, seperti dilansir dari Sciencedaily, Kamis (29/7).

Pruitt selanjutnya menjelaskan bahwa aktivitas berenang adalah kegiatan yang dapat diselesaikan anak-anak tanpa banyak memikirkan instruksi. Sifatnya lebih otomatis, jika dibandingkan latihan peregangan, dimana anak-anak perlu mempelajari gerakan yang membutuhkan energi mental.

Rekan peneltian Pruitt, Giovanna Morini kini sedang mengembangkan temuan tersebut di lab. Profesor yang bekerja di Departemen Ilmu Komunikasi dan Gangguan itu mengatakan sebagian besar penelitian tentang olahraga tidak banyak yang bersentujan dengan ranah bahasa. Oleh karena itu, temuan kali ini menurutnya cukup kaya dan akan berdampak pada siswa lain yang berada dalam eksperimen serupa termasuk balita.

"Kami sangat senang dengan penelitian ini karena ini berlaku untuk dokter, pengasuh, dan pendidik yang dapat mempraktikkannya. Ini hal yang sederhana, tidak ada yang luar biasa.Tapi benar-benar bisa membantu meningkatkan hasil belajar," pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Furqon Ulya Himawan

Edukasi Gaya Hidup Sehat

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:45 WIB
DENGAN keberhasilan angka penurunan kasus covid-19 di Tanah Air dan kondisi global, sejak awal...
MI/Furqon Ulya Himawan

Sebarkan Narasi yang Merekatkan Bangsa

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 26 September 2021, 06:30 WIB
MINGGU lalu sebuah video yang menunjukkan sejumlah santri menutup kuping saat mendengar musik,...
MI

Sudoku edisi 26 September 2021

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau di kenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya