Rabu 14 April 2021, 07:20 WIB

Google Luncurkan Tiga Fitur Baru di Bulan Ramadan

Galih Agus Saputra | Weekend
Google Luncurkan Tiga Fitur Baru di Bulan Ramadan

tangkapan layar google
Fitur baru di google

 

BULAN ini umat Islam di seluruh dunia tengah menjalani momen spesial Ramadan. Berbagai aktivitas seperti puasa, ngabuburit, hingga mempererat silaturahim turut dilakukan, meski terlihat sedikit berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya.

Untuk menyambut hari-hari spesial itu, Google mencoba menghadirkan beberapa fitur baru. Fitur tersebut terdiri dari 'Teman Berpuasa', 'Teman Ngabuburit', dan 'Teman Hari Raya'.

Dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Selasa (13/4),  Google menjelaskan, beberapa fitur tersebut diluncurkan untuk menemani pengguna saat menjalani aktivitas di Bulan Ramadan. Dari fitur tersebut, mereka juga berharap dapat hadir di hadapan keluarga yang tengah menjalankan ibadah dengan aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Google menjelaskan fitur 'Teman Berpuasa' diluncurkan untuk memudahkan pengguna mencari informasi seperti tanggal mulai puasa, ucapan, hingga jadwal salat dan beragam informasi lainnya hingga Hari Raya. Seluruh informasi tersebut, dapat diketahui hanya dengan mengetik kata kunci  'Ramadan' atau 'Ramadan 2021' di halaman pencarian.

"Dengan Asisten Google, Anda juga dapat diingatkan waktu sahur cukup dengan bicara “bangunin sahur jam 3 pagi," terangnya.

Lebih dari itu, pengguna Google kini juga dapat berbagi keseruan dengan cara menekan gambar bulan di pojok kanan panel Ramadan. Adapun 'Teman Ngabuburit', fitur ini diluncurkan untuk menemani pengguna menunggu waktu berbuka puasa dengan cara berburu resep sambil memasak di rumah.

Fitur ini juga dibuat untuk menemani mereka yang terhimpit diantara padatnya jadwal harian, dan kebutuhan menyiapkan hidangan buka puasa. Cukup dengan menekan panel ‘Takeout’ dan ‘Delivery’ di Google Maps, pengguna dapat segera menemukan restoran terdekat yang menyediakan jasa antar makanan atau yang dapat dibawa pulang.

Adapun pembaruan produk yang dilakukan Google terkait fitur 'Teman Hari Raya' terlihat pada Google Lens dan Google Duo.  Melalui Google Lens, kini pengguna akan dimudahkan saat mencari inspirasi busana, furnitur, hingga dekorasi rumah.

"Dengan berbagai fitur Google Duo seperti filter khusus Ramadan, Group Call, Video Message, Data Saving Mode, dan Duo on Web, diharapkan dapat membantu pengguna dalam mempererat tali silaturahmi, melancarkan momen Idul Fitri dari rumah dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan," pungkasnya. (M-4)

Baca Juga

Instagram Pusakata

Synchronize Fest 2022 Satukan Is dengan Payung Teduh

👤Fathurrozak 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:30 WIB
Direktur Festival Synchronize Fest menyatukan lagi Is dan Payung...
MI/ Fathurrozak

Agnez Mo sampai Dara Puspita akan Tampil di Synchronize Fest 2022

👤Fathurrozak 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Synchronize Fest 2022 akan berlangsung pada 7-9...
MI

Hore, Program Reporter Cilik Hadir Lagi!

👤Fathurrozak 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:25 WIB
Kali ini, program istimewa Media Indonesia tersebut melibatkan 78 siswa-siswi Muhammadiyah dari berbagai penjuru daerah di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya