Kamis 11 Februari 2021, 07:10 WIB

Waw, Baru Saat Pandemi Barbie Raih Rekor Penjualan

Putri Rosmalia | Weekend
Waw, Baru Saat Pandemi Barbie Raih Rekor Penjualan

Dok. Instagram @Barbie
Barbie justru meraih rekor penjualan saat pandemi yakni mencapai Rp18,8 triliun pada 2020.

 

BARBIE bisa dibilang boneka paling terkenal di dunia. Para gadis cilik hingga banyak orang dewasa menyukainya karena tampilannya yang sangat gaya. 

Meski telah ada di pasaran dunia sejak puluhan tahun, Barbie justru baru merasakan rekor penjualan tertinggi pada tahun 2020 lalu. Pandemi diduga menjadi pemicu meningkatnya penjualan boneka Barbie secara tajam.

Dilansir dari bbc.com, Rabu, (10/2), tahun 2020 perusahaan produsen Barbie, Mattel, mendapat hasil penjualan mencapai 1,35 miliar dolar AS (sekitar Rp18,8 triliun). Secara presentase, peningkatan penjualan ialah sebesar 16% dari rata-rata penjualan selama tiga tahun terakhir.

Pandemi dinilai memiliki dampak positif bagi industri mainan anak. Keharusan mengajak anak-anak betah di rumah membuat orang tua lebih banyak belanja ragam mainan.

Pakar bisnis UCLA Anderson School of Management, Ynon Kreiz, mengatakan beberapa perusahaan produsen mainan ternama seperti Barbie dan Hot Wheels memang mengalami pertumbuhan penjualan yang positif. Permintaan akan mainan anak di kala pandemi meningkat sama halnya dengan kebutuhan hiburan untuk orang tua, seperti gim daring dan Netflix.

"Benar insdustri ini mendapat keuntungan dari pandemi, bisa dibilang melampaui industri lain di kala pandemi ini," tutur Kreiz.

Secara keseluruhan, Mattel meraih peningkatan pendapatan sebesar 2% atau lebih dari Rp62 triliun. Peningkatan pendapatan itu dihasilkan dari penjualan seluruh produk mainan mereka.

Mattel juga mengumumkan jika mereka memiliki program untuk penghematan pengeluaran. Namun mereka tidak mau menyebutkan kemungkinan pengurangan tenaga kerja termasuk program tersebut.

Pesaing  dekat Mattel, Hasbro yang memproduksi permainan Nerf dan Monopoly tidak meraih sukses serupa. Sebaliknya, penjualan tahun 2020 merosot sebesar 8% atau sekitar Rp75 triliun. (M-1)
 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Mendampingi di Kala Pandemi

👤Fathurrozak 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:40 WIB
PANDEMI covid-19 sedikit banyak memengaruhi proses konsultasi dan pendampingan korban kekerasan seksual yang dilakukan LBH APIK...
Dok. Pribadi

Upaya Menciptakan Ruang Aman

👤Fathurrozak 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:30 WIB
PERATURAN Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud-Ristek) No 30 Tahun 2021 yang baru-baru ini dilansir menuai...
MI

Sudoku edisi 5 Desember 2021

👤MI 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:20 WIB
Sudoku atau dikenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya