Selasa 01 Desember 2020, 08:53 WIB

Kisah Marcell di Balik Give Me Back My Brokenheart

Galih Agus Saputra | Weekend
Kisah Marcell di Balik Give Me Back My Brokenheart

MI/Adi Maulana Ibrahim
Solois Marcell Siahaan

Merebaknya musim pandemi Covid-19 beberapa bulan belakangan ini tampaknya tidak menjadi alasan bagi seseorang untuk berhenti berkreasi. Hal itu telah dibuktikan oleh musikus tanah air, Marcellius Kirana Hamonangan atau Marcell, yang kali ini merilis lagu 'Give Me Back My Broken Heart'.

Lebih dari itu, pelantun tembang 'Semusim' ini juga mengatakan bahwa pandemi telah mengubah pandangannya tentang pencapaian karir bermusik di kancah internasional. Bahkan konsep 'go internasional' itu sendiri, di matanya, sudah mulai luntur. Menurutnya, internet sudah cukup memungkinkan bagi para pegiat seni untuk menjalin kolaborasi dengan siapa saja atau lintasnegara.

Hal itu juga, yang menurut Marcel, terjadi dalam proses penggarapan lagu barunya selama musim pandemi. Dalam lagu yang digarap dari jarak jauh ini, ia berkolaborasi dengan musikus jazz ternama asal Uruguay, Jose Reinoso. Jose berperan sebagai produser dan pencipta lagu. Marcell yang menyanyi, sementara penulis liriknya adalah Patrick Knowles.

Jose saat konferensi pers daring lagu 'Give Me Back My Broken Heart', Jumat, (27/11) menceritakan awalnya ia mengetahui Marcell dari aplikasi pemutar lagu. Kala itu, ia sedang mendengarkan lagunya sendiri untuk pertama kali di aplikasi tersebut, namun pada saat yang sama ia juga mulai melihat Marcell di daftar rekomendasi. Setelah itu, ia lantas tertarik dengan kualitas pria berdarah Ambon, Batak, dan Jawa tersebut sebagai musisi.

"Awalnya, saya pikir dia orang Perancis, karena namanya Marcell. Saya juga sempat bilang ke istri saya, saya sudah memilih penyanyi yang cukup fantastik dari Perancis. Setelah itu saya dengarkan dia menyanyi, dan kemudian saya mencari informasinya lebih dalam lagi di internet. Ternyata dia bukan Perancis, tapi Indonesia," tuturnya.

Jose selanjutnya menjelaskan awal korespondensi dengan Marcell terjadi saat ia mengirim pesan lewat media sosial. Marcell kemudian mengatakan, sejak awal Jose sudah mengawali percakapannya dengan membahas proyek lagu 'Give Me Back My Broken Heart', yang bercerita tentang seorang pria patah hati, dengan nuansa jazz, pop, romantic, dan kidung (ballad), serta klasik dan RnB. 

Pesan itu sendiri, kata Marcell, dikirim pada Agusutus lalu. Kala itu Jose mendengarkan Marcell ketika menyanyikan lagu Adventure of Life Time dalam versi jazz, hingga kemudian merasa bahwa suara yang dimilikinya cocok untuk menyanyikan lagu yang digarap bersama Patrick Knowles. 

"Dia langsung approach. Ini sepertinya ada lagu yang cocok untuk kamu bawakan. Setelah itu ya sudah, obrolan terus berlanjut. Kita mulai bicarakan hal-hal yang sedikit teknis. Sampai akhirnya kita bertukar nomor, lalu mulai mendengarkan demo lagunya seperti apa dan lain sebagainya," kata Marcell.

Dalam konferensi pers daring itu, Marcell kemudian mengatakan lagu yang terlahir dari proyek multinasional ini untuk sementara akan dirilis menggunakan labelnya sendiri yakni VMC Music dan dapat disaksikan melalui kanal Youtube. Meski begitu ia juga punya keinginan kalau proyek ini tidak berhenti dengan satu lagu saja, melainkan terus berlanjut dengan berbagai hal yang mungkin dapat dikerjakan bersama.

Marcell mengaku senang karyanya diapresiasi oleh musikus dari lain negara. Sementara itu, Jose sendiri mengatakan jika Marcell ialah sosok penyanyi dengan persona yang cukup baik. Marcell, katanya, juga memiliki potensi besar untuk dikenal oleh kalangan musisi di berbagai belahan dunia. Tak menutup kemungkinan pula ia dapat diterima oleh pasar musik Inggris atau Eropa pada umumnya.

"Dia sangat unik. Jadi, kita harus melanjutkan petualangan yang indah ini," kata Jose, dalam konferensi pers daring tersebut. (M-2) 

Baca Juga

Unsplash.com/Jez Timms

Ilmuwan Berhasil Membuat Daging di Laboratorium

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:00 WIB
Penelitian tersebut dilakukan karena melihat tingginya permintaan daging di pasaran, sementara proses produksi daging di peternakan dirasa...
Unsplash/ Kevin Gent

Ini Bahayanya Pertengkaran Orangtua Saat Bercerai

👤Deden Muhammad Rojani 🕔Rabu 20 Januari 2021, 14:00 WIB
Anak-anak bisa mengalami kesehatan mental hingga berbulan...
Yasin AKGUL / AFP

Ini Alasan Bekerja di Kafe Bikin Kita Lebih Kreatif

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:53 WIB
Keramaian tingkat rendah hingga menengah dapat memacu kreativitas. Ketika bekerja di tengah suasana baru yang terus bergerak, kemampuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya