Minggu 26 Mei 2019, 00:40 WIB

Tergoda Nasi Timur Tengah

(Wan/M-3) | Weekend
Tergoda Nasi Timur Tengah

DOK HOLIDAY INN AND SUITES JAKARTA GAJAH MADA
Menu khas Ramadan di Duta Cafe and Restaurant Holiday Inn and Suites Jakarta Gajah Mada

 

NASI berwarna kuning itu tercampur dengan potongan ayam. Bubuk halus bumbu berupa merica pun menempel pada nasinya menghasilkan wangi yang menggugah selera. Di pinggirannya ada potongan telur dan mentimun berjejer sebagai hiasan yang bisa disantap dengan nasi.

Tidak lupa taburan kismis kecil, yang menurut Executive Chef, Faisyal, menambah cita rasa sehingga pas dan lengkap di mulut. "Ya pastinya hangat, autentik dengan rasa rempahnya, dan manis dari kismis," kata chef Faisyal, saat mengenalkan menu khas Ramadan di Duta Cafe and Restaurant Holiday Inn and Suites Jakarta Gajah Mada, Senin (20/5).

Nasi kebuli itu mengingatkan sajian Ramadan di tanah Arab yang disukai warga Indonesia. Bila anda kurang menyukai nasi kebuli dengan ayam, bisa diganti dengan kambing, cumi, atau udang. "Meskipun pakai seafood, rasanya tak menjadi aneh kok, tetap akan berbaur dengan rempah," lanjut chef Faisyal.

Mengolah hidangan itu mirip membuat nasi uduk betawi, tapi kaya rempah. "Hanya perlu 45 menit, pertama marinete dulu ayam lalu diungkeb dan menumis rempah, termasuk kunyit, merica, kayu manis, cengkeh, paprika yang telah dihaluskan terlebih dahulu dan kemudian dicampurkan dengan nasi," lanjutnya. Menurut chef, cita rasa yang kuat pada sajian itu membuat makanan ini menjadi favorit para pelanggan.

Selain itu, ada sajian asal Iran, nasi biryani. Sekilas mirip nasi kebuli, bedanya pada beras yang digunakan, yakni beras brasmati dari India. Proses masaknya pun berbeda, beras dicampurkan dengan kaldu bumbu yang terdiri atas ketumbar, kunyit, cabai merah (pilihan), jahe, lada hitam, cengkih, bawang putih, kayu manis, kapulaga, kemudian ditutup rapat di dalam panci dan dimasak hingga matang sampai kaldu menyerap ke nasi. "Sama sekali tak pakai santan. Bisa saja sih, tapi biasanya mereka pakai yoghurt," kata chef. Kedua hidangan itu biasanya tak hadir bersamaan, chef akan menghadirkn salah satu yang digilir setiap harinya.

Selain itu, ada hidangan Nusantara, seperti seafood (cumi) balado, rendang, ikan bakar dabu-dabu, nasi goreng ala kanton, dan mi goreng jawa. Tidak ketinggalan takjil berupa gorengan tempe, tahu sumedang, kroket, pisang keju, kolak pisang, biji salak, kurma, hingga bubur sumsum dan es campur.

"Dengan beragam penawaran yang cukup lengkap, kami berharap menjadi pilihan pencinta kuliner untuk berbuka puasa di bulan Ramadan," kata Marketing Communication Manager Holiday Inn and Suites Jakarta Gajah Mada, Priskila Wanda.

Dengan kapasitas restoran mencapai lebih dari 100 orang, tempat itu pun bisa menjadi pilihan untuk berbuka bersama keluarga ataupun rekan dengan harga Rp275 ribu yang dibuka dari pukul 17.30 sampai 22.00 WIB. Sementara itu, untuk sajian takjil bisa juga dinikmati di Duta Lounge seharga Rp180 ribu. (Wan/M-3)

 

Baca Juga

Dok.Ist

Ikuti Ini agar Jadi Generasi Sandwich yang Sukses

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 06:00 WIB
Kunci suksesnya tiga; Pertama, mengelola keuangan secara tepat. Kedua, disiplin menabung dan investasi. Ketiga, mengubah...
MI/Fathurrozak

Sukses di Digital, Produsen Minuman Lokal ini Buka Gerai di New York

👤Fathurrozak 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:10 WIB
Setelah berhasil mendapatkan pemasukan 70% secara digital, tahun ini merek minuman manis kekinian Teguk berekspansi ke pasar global. Per 17...
AFP/Space Perspective

Apakah Ada Planet Selain Bumi yang Memiliki Oksigen?

👤Devi Harahap 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:51 WIB
Atmosfer bumi adalah satu-satunya planet di tata surya yang dapat menopang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya