Rabu 08 Mei 2019, 23:35 WIB

Begini Efek Media Sosial Terhadap Kepuasan Hidup

Galih Agus Saputra | Weekend
Begini Efek Media Sosial Terhadap Kepuasan Hidup

Unsplash/ROBIN WORRALL
Para peneliti berusaha memahami peran media sosial dalam kehidupan remaja.

 

Media sosial tampaknya memiliki efek terbatas pada kepuasan hidup manusia, khsusnya di kalangan remaja. Sejumlah Peneliti Oxford Internet Institute (OII) mengungkapkan hal itu, setelah melakukan survei selama delapan tahun di Inggris.

Objek studi mereka ialah keluarga atau rumah tangga. Riset bertujuan untuk mempelajari hubungan antara durasi penggunaan media sosial oleh remaja di hari sekolah, dengan derajat kepuasan hidup yang mereka dambakan.

Sebagaimana dilansir Science Daily, studi tersebut juga dipercaya menjadi penelitian skala besar serta mendalam pertama di sana, yang tidak hanya tertuju pada remaja yang mengaku puas atas penggunaan media sosial, namun juga pada mereka yang merasakan hal sebaliknya.

Penelitian menggunakan pendekatan statistik dimana mereka selanjutnya menemukan bahwa, sebagian besar responden menganggap bahwa hubungan antara penggunaan media sosial dan kepuasan hidup sangatlah rendah –jika tak ingin dikatakan sepele.

Meski demikian, perlu diketahui pula bahwa penelitian sebenarnya menemukan ‘efek dua arah’. Pertama, kepuasan hidup yang rendah menyebabkan peningkatan penggunaan media sosial. Kedua, terdapat prinsip yang bekerja sebaliknya. Efek dua arah itu menurut mereka berlaku lebih konsisten terhadap perempuan daripada laki-laki, meski hanya tercatat sebagai tren sederhana.

Profesor Andrew Przybylski dan Amy Orben, yang mengepalai penelitian tersebut menekankan bahwa, apa yang mereka upayakan dalam penelitian merupakan langkah penting dalam memahami efek dari media sosial.

Przybylski selanjutnya juga mencatat bahwa pesatnya kemajuan teknologi dalam beberapa tahun terakhir memantik pertanyaan tentang, bagaimana atau apa pentingnya peningkatan penggunaan teknologi itu dalam hal interaksi untuk mempengaruhi kesejahteraan manusia.

Memang kebanyakan orang selama ini telah memperdebatkan hal itu. Namun sayangnya, debat kerap kali tidak dilakukan berdasarkan bukti, sehingga penelitian itu menjadi langkah penting untuk memetakan efek teknologi pada kehidupan masa kini, khususnya menyangkut kesejahteraan remaja.

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa, efek media sosial bernuansa timbal balik, dan bergantung pada gender, serta memiliki hubungan rendah dengan kepuasan hidup. Amy Orben selanjutnya mengatakan penelitian itu sebenarnya hanyalah langkah awal, yang selanjutnya dapat menjadi pengantar untuk memahami berbagai macam peran yang dimainkan media sosial dalam kehidupan para remaja. (M-2)

Baca Juga

dok: Donna Prive

Makin Berkembang, Donna Prive akan Buka Gerai di Jakarta

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:02 WIB
Donna Prive hadir sebagai jenama yang menawarkan berbagai model pakaian pada pelanggannya. Mulai dari busana harian, semi formal, hingga...
PT. Map Boga Adiperkasa

Cita Rasa Nusa Tenggara Timur Beef Se’i Sambal Luat Hadir di Subway

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 07:00 WIB
Subway Memperkenalkan Menu Beef Se’i Sambal Luat untuk Memperingati Kemerdekaan...
MI

Sudoku edisi 7 Agustus 2022

👤MI 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya