Jumat 01 Maret 2019, 01:00 WIB

Mempersiapkan Momen Spesial

Haufan Hasyim Salengke | Weekend
Mempersiapkan Momen Spesial

MI/ADAM DWI

 

PERNIKAHAN merupakan momen penting yang perlu dipersiapkan secara matang. Pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup yang akan terus dikenang selamanya. Tidak mengherankan, hampir semua calon pasangan menginginkan pesta pernikahan yang berkesan. Untuk itu, mereka sejak jauh-jauh hari merancang hari spesial itu. Salah satu yang mereka lakukan ialah menghadiri pameran wedding.

Hal itu pula yang dilakukan Tika Muslimah, 24, saat merancang hari spesialnya yang jatuh pada 6 Juli. Untuk mendapatkan konsep pernikahan yang diinginkan dan disesuaikan dengan bujet, sejak Desember tahun lalu ia rajin menghadiri pameran wedding. Ia pun akhirnya memutuskan menggunakan jasa wedding organizer (WO) yang ia temukan saat menghadiri pameran.

Menurut dia, dengan menggunakan jasa WO akan memudahkannya merancang segala sesuatunya, mulai memesan katering, baju pengantin, pelaminan, dan lain-lain. "WO juga biasanya memberikan berbagai promo dan hadiah, mulai cincin, tempat penginapan, hingga bulan madu ke Pulau Dewata," ujar Tika kepada Media Indonesia, kemarin.

Setelah menemukan WO yang cocok, lanjut Tika, ditentukanlah gedung yang kita inginkan. Biasanya WO memiliki rekanan gedung. "Kalau sudah oke dengan gedung dan memang available pada tanggal tersebut, barulah ditentukan katering dan pelaminan yang ingin kita gunakan karena biasanya WO juga memiliki banyak rekanan katering, perias pengantin, dan pelaminan," papar Tika.

Untuk menentukan katering, konsumen dipersilakan mengetes atau mencicipi sejumlah makanan. Test food itu biasanya dilakukan pas ada pameran wedding atau ketika mereka menggelar acara pernikahan. "Nah, kalau katering itu sudah cocok, barulah kita menentukan menu makanan dan gubukan yang kita inginkan." papar Tika.

Untuk persiapan hari spesial itu, lanjut Tika, membutuhkan persiapan cukup panjang, yakni menentukan baju pengantin dan pelaminan. "Kita tidak cukup melihat dari gambar, tetapi juga harus melihat secara real ketika mereka menggelar acara pernikahan," papar Tika yang mendapat harga spesial Rp130 juta untuk menggelar acara pernikahan di sebuah gedung di Jl TB Simatupang untuk 400 undangan.

Menurut Tika, untuk pernikahan, WO memberikan penawaran tiga paket, yakni paket emerald, saphire, ruby, mulai harga Rp268,8 juta hingga sekitar Rp313 juta. Harga paket itu tergantung gedung yang akan digunakan untuk resepsi pernikahan.

Konsep tradisional dan modern
Sementara itu, General Manager Group Clubs (Klub Kelapa Gading & The Springs Club), Helmy Purboyakti, menyebutkan selera visual calon pengantin kini cenderung beralih ke tema tradisional dan klasik yang menciptakan kesan timeless. Karena itu, pemberian sentuhan berupa ornamen kayu pada dekorasi kerap menjadi pilihan konsumen. Ia mengaku permintaan konsumen untuk tema wedding tradisional sudah mulai meningkat di Klub Kelapa Gading.

"Kalau tradisional bisa gabung dengan nuansa rustic, juga yang kayu-kayu, adat Jawa, dan lain-lain. Tema-tema ini masih bagus," terangnya.

Ia melihat secara rasio tidak ada yang lebih dominan antara tema tradisional dan internasional. Banyak calon pengantin yang mengadakan acara bertemakan tradisonal dan begitu juga sebaliknya. Menurutnya, culture antara tradisional dan internasional (modern) saat ini sudah mulai menyatu.

Untuk venue, lanjutnya, pemilihan antara di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor) proporsinya juga hampir sama. Calon pengantin tentu akan memilih area dalam ruangan ketika musim hujan, begitu juga sebaliknya.

Bagi calon pengantin yang sedang berburu inspirasi untuk merancang hari spesial bisa berkunjung ke Gading Wedding Fair VI. Pameran pernikahan yang diadakan Klub Kelapa Gading (KKG) ini berlangsung dari 27 Februari-3 Maret 2019 berlokasi di The Forum, Summarecon Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Gading Wedding Fair VI memberikan solusi untuk para calon pengantin. Mereka tidak perlu repot-repot mencari satu per satu vendor-vendor terbaik untuk acara akad dan resepsi. "Pameran ini merupakan kesempatan yang tepat bagi para calon pengantin untuk semakin menyempurnakan hari paling berbahagia mereka dengan beragam pilihan vendor terbaik," ujar Helmy.

Rentang harga untuk paket pernikahan yang ditawarkan setara dengan di hotel bintang empat. Dengan bujet Rp200 juta, misalnya, calon pengantin sudah mendapatkan paket lengkap untuk melangsungkan pernikahan yang mewah nan elegan di Klub Kelapa Gading. "Mereka tinggal datang saja bawa badan karena semua kebutuhan sudah kami sediakan dan penuhi," tandasnya.

Beragam paket pernikahan disediakan dari ivory package, traditional wedding package, hingga emarald package. Harga yang ditawarkan paling murah sekitar Rp88 juta hingga paket paling mahal Rp238 juta. (S-2)

 

 

 

Baca Juga

Unsplash/ Jefferson Santos

Ini Jenis Pekerjaan Paling Dicari di Darknet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:30 WIB
Umumnya, kualifikasi pekerjaan yang dicari termasuk membuat halaman malware dan phising, membahayakan infrastruktur perusahaan, meretas...
Instagram @gitacintadarismafilm

Tujuh Film Indonesia di Bioskop Februari Ini

👤Fathurrozak 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:20 WIB
Film drama dan horor mendominasi layar bioskop pada Februari...
ANTARA/Livia Kristianti

Kitkat Gandeng Aerostreet Rilis Sepatu Edisi Valentine

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 05:30 WIB
Warna merah yang menjadi ciri khas Kitkat mendominasi tampil sepatu ini, ada juga sentuhan warna putih dan cokelat melengkapi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya