Selasa 06 September 2016, 17:13 WIB

Biaya Penarikan Galaxy Note 7 Capai Rp13 Triliun

Ellavie Ichlasa Amalia | Teknologi
Biaya Penarikan Galaxy Note 7 Capai Rp13 Triliun

AFP PHOTO / TOBIAS SCHWARZ

 

PENARIKAN Galaxy Note 7 secara massal akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Para analis memperkirakan bahwa total biaya dari penarikan tersebut adalah sekitar US$1 miliar (Rp13 triliun).

Meskipun hanya sedikit Galaxy Note 7 yang bermasalah, Samsung memutuskan untuk menarik semua Galaxy Note 7 yang telah dikirimkan dalam waktu 2 minggu terakhir.

Perkiraan dari Credit Suisse Group AG, Daishin Securities Co. dan Pelham Smithers Associates menyebutkan bahwa penarikan massal ini dapat memakan biaya hingga US$1 miliar.

Menurut Android Authority, per smartphone, biaya penarikan kembali Galaxy Note 7 diperkirakan mencapai US$900 (Rp11,8 juta) ditambah dengan keuntungan yang seharusnya didapatkan oleh Samsung.

Menurut Credit Suisse, Samsung diperkirakan mendapatkan keuntungan sebesar US$108 (Rp1,4 juta) per Galaxy Note 7 yang terjual.

Target penjualan Samsung di akhir tahun adalah sekitar 8-9 juta unit. Dengan begitu, Samsung akan mendapatkan keuntungan sekitar US$864 - 972 juta (Rp11 - 12,8 triliun). Jadi, penarikan kembali massal ini akan menghilangkan keuntungan yang Samsung harapkan dari Note 7 tahun ini.

Meskipun total biaya penarikan kembali ini terdengar sangat besar, tapi itu hanyalah 5% dari total perkirakaan pendapatan Samsung yaitu KRW23 triliun (Rp273 triliun) untuk tahun ini.

Namun, ongkos penarikan ulang bukanlah satu-satunya hal yang harus Samsung khawatirkan. Pasalnya, kini pengiriman Galaxy Note 7 juga terhambat, Samsung akan kehilangan keuntungan yang mereka dapatkan dengan meluncurkan Note 7 lebih cepat dari iPhone 7 dari Apple.

Bahkan jika Samsung berhasil menaikkan total produksi 20%, kecil kemungkinan Samsung akan berhasil memenuhi semua permintaan pelanggan dan menggantikan 2,5 juta unit yang telah ditarik. Hal itu berarti, akan ada keterbatasan suplai.

Jika Galaxy Note 7 gagal memenuhi target, maka bisnis baterai, layar, dan semikonduktor Samsung juga akan terpengaruh karena ketiganya merupakan pemasok Note 7.

Anda yang terlanjur memesan Galaxy Note 7 berhak mendapatkan kompensasi. (MTVN/OL-3)

Baca Juga

Dok. Xiaomi

Xiaomi Perluas Lini Produk TV Androidnya dengan Xiaomi TV Q1E 55"

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:55 WIB
Xiaomi TV Q1E 55” memiliki layar berkualitas 4K Quantum Dot-based LED (QLED) dengan DCI-P3 color gamut yang mencapai...
Dok.Ist

New Energy Nexus Bakal Selenggarakan [RE]Spark Renewable Energy Festival

👤Mediandonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:13 WIB
Acara  didesain khusus untuk para inovator dan startup energi terbarukan dalam menggali dan mengembangkan ide serta inovasi demi...
mvcmagazine.com

Hingga Akhir 2022, Apple Targetkan Produksi iPhone 220 Juta Unit

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 16:30 WIB
Apple dilaporkan telah memberi tahu pemasoknya bahwa mereka masih ingin memenuhi target mereka memproduksi iPhone hingga 220 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya