Kamis 22 September 2022, 14:30 WIB

Kenali Sistem Warna Komputer, Aplikasi dan Modelnya 

Mediaindonesia.com | Teknologi
Kenali Sistem Warna Komputer, Aplikasi dan Modelnya 

Antara/Paramayuda.
Gedung Museum Sejarah Jakarta berubah warna dan dekorasi saat pertunjukkan video mapping 3D, di Taman Fatahillah, Jakarta.

 

DALAM dunia komputer, terdapat banyak sistem warna. Berdasarkan fungsinya, aplikasi warna di layar komputer dibedakan menjadi dua.

Berikut penjelasan sistem warna komputer yang dikutip dari buku Dasar Desain Grafis SMK/MAK Kelas X yang ditulis Hanifah Wijayanti dan Penerbit Putra Nugraha. Semangat ya.

Aplikasi warna

1. Warna aditif.

Warna aditif (additive) digunakan untuk desain tampilan di layar monitor dan tidak untuk kebutuhan cetak. Yang termasuk sistem warna aditif antara lain RGB, LAB colo, dan HLS. Desain grafis yang menggunakan model warna aditif, semisal gim (game), wallpaper, desain halaman web, dan video.

2. Warna substraktif.

Warna substraktif (substractive) adalah hasil perpaduan beberapa warna primer. Warna substraktif biasa digunakan untuk keperluan cetak. Sistem warna yang digunakan ialah CMYK. Sistem warna CMYK berasal dari tiga warna primer. Jika tiga warna prima dipadukan akan menghasilkan warna hitam.

Untuk kebutuhan cetak, biasanya model warna yang dipakai yaitu CMYK. Namun untuk tampilan di layar monitor seperti web, wallpaper, gim, atau video biasanya menggunakan model warna RGB.

Model warna

Model warna adalah model matematika abstrak yang menjelaskan cara warna dapat disajikan sebagai tupel dari angka-angka biasanya tiga atau empat nilai atau komponen warna. Macam-macam model warna di komputer yaitu RGB, CMYK, HSL, LAB color, dan YIQ.

1. Model warna RGB

Model warna RGB merupakan model warna aditif yaitu pancaran warna red (merah), green (hijau), dan blue (biru) ditambahkan bersama dengan cara bervariasi untuk memproduksi susunan warna yang lebar. Warna aditif digunakan untuk lighting, video, dan monitor. RGB merupakan ruang warna yang bersifat tergantung pada perangkat. Perangkat yang berbeda akan mendeteksi atau mereproduksi nilai RGB secara berbeda. Pengodean warna RGB dapat ditulis dalam angka heksadesimal (basis 16) untuk masing-masing komponen R, G, atau B.

Untuk hitam murni akan ditulis dengan kode #000000 (R=00, G=00, B=00). Untuk putih sempurna akan ditulis dengan kode #FFFFFF (R=FF, G=FF, B=FF). Untuk biru murni akan ditulis dengan kode #0000FF (R=00, G=00, B=FF).

2. Model warna CMYK

CMYK ialah kependekan dari cyan, magenta, yellow (kuning), dan warna utamanya yaitu black (hitam). Sering kali ini dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna.

3. Model warna HSL

HSL adalah suatu model warna yang diperoleh dari warna RGB dan warna tergantung jenis perangkat yang digunakan. HSL kependekan dari hue, saturation, dan lightness. Dalam HSL, ketiga karakteristik pokok dari warnanya, yaitu:

a. Hue adalah warna yang dipantulkan dari atau memancarkan melalui suatu objek. Hue diukur sebagai lokasi pada standar color wheel yang dinyatakan dalam tingkat antara 0 derajat dan 360 derajat. Pada umumnya hue dikenal dengan nama dari warna seperti merah, oranye, atau hijau.

b. Lightness adalah tingkat keterangan relatif atau kegelapan dari warna. Pada umumnya diukur dalam persentase dari 0% (hitam) ke 100% (putih).

c. Saturation kadang-kadang disebut chroma yaitu kemurnian atau kekuatan dari warna. Saturation menghadirkan jumlah kelabu sebanding dengan hue, mengukur persentase dari 0% (hitam) kelabu sampai 100% (warna yang dipenuhi). Pada standar color wheel saturation meningkat dari pusat ke tepi.

Baca juga: Pengertian Warna, Makna, Jenis, dan Skemanya dalam Desain Grafis

4. Model warna LAB color

Model warna LAB color berdasarkan pada persepsi manusia atas warna. Warna LAB merupakan salah satu dari beberapa model warna yang diproduksi oleh Commission Internationale de l'eclairage (CIE), suatu organisasi yang menciptakan standar semua aspek cahaya.

5. Model warna YIQ

YIQ kependekan dari lima, in-phase, quadrature. Komponen Y (luma) merupakan satu-satunya komponen yang digunakan oleh televisi tampak putih. I dan Q mewakili informasi chrominance (sinyal digunakan dalam video sistem untuk menyampaikan informasi, warna, dan gambar). (OL-14)

Baca Juga

Dok. Biznet Gio

Genjot Percepatan Ekosistem Cloud, Biznet Gio Gandeng Lyrid Luncurkan Layanan Otomatisasi Microservice

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:23 WIB
Microservice merupakan pendekatan pengembangan aplikasi berbasis container yang saat ini banyak digunakan industri untuk percepatan...
Ist

Oppo ColorOS 13 Tampil dengan Memori Besar dan Hemat Daya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:35 WIB
Produsen smartphone kini berlomba-lomba untuk menghadirkan hardware dengan performa yang paling...
Ist

Hukumonline Berdayakan Masyarakat Melek Hukum Lewat Teknologi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:08 WIB
Hukumonline bertujuan untuk menjadi solusi satu atap bagi praktisi hukum Indonesia sebagai sebuah platform regulasi berbasis teknologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya