Minggu 07 Agustus 2022, 09:46 WIB

Ini Penyebab Hilangnya Toleransi di Ruang Digital

Mediaindonesia.com | Teknologi
Ini Penyebab Hilangnya Toleransi di Ruang Digital

gccbusinessnews.com
Ilustrasi

 

Masyarakat hidup di era digital memang tak bisa lepas dari internet yang menghubungkan antara orang satu dengan lainnya tak terbatas jarak, waktu, bahkan meliputi perbedaan tingkat ekonomi dan pendidikan. Hingga muncul adanya tantangan budaya di era digital dengan globalisasi dan derasnya arus informasi.

"Mengaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya kesopanan dan kesantunan, kebebasan berekspresi yang kebablasan jadi tantangan budaya digital," kata Guru SMAN Ploso Jombang, Hanifah Atmi di Tulungagung, Jawa Timur pada Selasa (2/8).

Pemahaman pengguna internet akan hak-hak digital juga masih kurang, banyak yang masih tidak sadar untuk melindungi data pribadinya. Selain itu, dengan keanekaragaman kultural yang ada di ruang digital, muncul juga permasalahan berkurangnya toleransi dan penghargaan pada perbedaan. Belum lagi ada pelanggaran hak cipta dan karya intelektual, serta hilangnya batas-batas privasi.

"Perlu ditanamkan budaya bermedia digital yang berdasarkan pemahaman akan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," kata Hanifah.

Digitalisasi menurutnya seharusnya juga menjadi sarana untuk mempromosikan budaya negeri. Hal ini berkaitan dengan kompetensi budaya digital mengenai perlunya pengetahuan akan mencintai produk negeri sendiri dan kegiatan produktif lainnya. Dengan begitu globalisasi tidak memengaruhi bagaimana masyarakat tetap mencintai produk dalam negeri. Begitu pula dengan pemahaman nilai Pancasila yang akan membawa sikap toleransi dan menghargai perbedaan. (OL-12)

Baca Juga

Dok

Perusahaan Konstruksi dan Infrastruktur Adaptasi ke Teknologi Digital Lebih Efisien

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:53 WIB
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor EPC ini kini juga menyesuaikan dengan perkembangan zaman, dengan memperkuat bisnis melalui...
123RF

Ketahui Cara Penipu Mengolah Data Pribadi Korban

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:44 WIB
Teknik pengelabuan atau pencurian data misalnya, pelaku melihat foto-foto yang korban publikasikan di media...
AFP

Elon Musk Tantang CEO Twitter Untuk Debat Terbuka Terkait Akun Bot

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 05:00 WIB
Elon Musk pada Sabtu (6/8) menantang Chief Executive Officer (CEO) Twitter Parag Agrawal untuk debat terbuka mengenai persentase akun bot...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya