Selasa 05 Oktober 2021, 06:19 WIB

Sempat Down 7 Jam, Layanan Facebook Berangsur Normal

Basuki Eka Purnama | Teknologi
Sempat Down 7 Jam, Layanan Facebook Berangsur Normal

AFP/Justin Sullivan
Sebuah laptop menampilkan pesan gangguan saat berusaha mengakses Facebook.

 

FACEBOOK, Senin (4/10),  tengah menghadapi krisis di dua sisi setelah layanan mereka di tiga platform, Facebook, Instagram, dan Whatsapp, terganggu serta menghadapi laporan dari mantan karyawan yang mencoreng kredibilitas mereka.

Banyak ketakutan dan kritik terhadap layanan itu terbukti ketika mantan peneliti Facebook Frances Haugen menyerahkan sejumlah data ke pihak berwenang dan The Wall Street Journal.

Namun, saat Senator AS berencana mendengar kesaksian terkait dokumen itu, Selasa (5/10), Facebook menghadapi masalah padamnya layanan mereka selama beberapa jam yang dialami juga oleh Instagram dan Whatsapp.

Baca juga: Facebook, Instagram, dan Whatsapp Down di Seluruh Dunia

Laman daring Downdetector melaporkan mereka mendapat 10,6 juta laporan adanya masalah mulai dari Amerika Serikat (AS), Eropa, hingga Kolombia dan Singapura bahwa ada masalah pada layanan Facebook mulai pukul 15.45 GMT atau 22.45 WIB.

Setelah berlangsung selama 7 jam, layanan Facebook berangsur normal

"Hampir bisa dipastikan layanan Facebook, Whatsapp, dan Instagram akan butuh waktu untuk kembali normal. Namun, mulai pukul 22.28 UTC (05.28 WIB), Facebook tampaknya mulai terhubung kembali ke jaringan global dan DNS-nya bekerja kembali," ujar perusahaan keamanan daring Cloudflare.

Facebook belum mengungkapkan penyebab gangguan yang mereka alami namun pakar keamanan daring mengungkapkan mereka menemukan tanda adanya jalur daring yang mengantarkan orang ke jejaring sosial itu terganggu.

"Facebook dan layanan lain miliknya hilang dari internet setelah adanya serangkaian pembaruan BGP," cicit Kepala Teknologi Cloudflare John Graham-Cumming.

Pengguna yang berusaha mengakses Facebook saat terjadi gangguan mendapatkan pesan, "Something went wrong. We're working on it and we'll get it fixed as soon as we can." (AFP/OL-1)

Baca Juga

Ist

Startup Properti Catat Kenaikan Sewa Apartemen dan Rumah Online

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 20:18 WIB
Melalui fitur camera 360, calon penyewa bisa melihat secara detail kondisi unit yang sebenarnya dari berbagai...
DOK MI.

Kolaborasi NetApp dan AWS Mudahkan Akses Operasi Cloud

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:15 WIB
NetApp juga mengumumkan pencapaian-pencapaian pentingnya dalam perkembangan portofolio produk Spot by NetApp untuk operasi cloud...
Ist

Smart City Taiwan, Warga dan Tenaga Medis Komunikasi Via Smartphone

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 13:50 WIB
Proyek Smart City Taiwan telah mengintegrasikan berbagai teknologi seperti Internet of Things (IoT), big data, dan  artificial...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya