Jumat 25 Juni 2021, 20:32 WIB

Teknologi Geo-AI Tingkatkan Produktivitas Perkebunan Sawit

mediaindonesia.com | Teknologi
Teknologi Geo-AI Tingkatkan Produktivitas Perkebunan Sawit

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Perkebunan kelapa sawit di Desa Cikareo, Lebak, Banten.

PENERAPAN teknologi Geo-AI di bidang perkebunan bisa membantu meningkatkan produktivitas. Pada penerapan di kebun kelapa sawit misalnya, teknologi yang menggabungkan artificial intelligence, machine learning, dan location analitycs ini dapat memonitor perkembangan tanaman dan analisis kondisi tanah.

“Penggunaan teknologi ini tidak hanya untuk mengetahui kondisi kesehatan tanaman dengan mengindentifikasi warnanya, namun juga bisa menganalisis pertumbuhan tanaman dari waktu ke waktu,” ujar Achmad Istamar Chief Executive Officer Esri Indonesia dalam webinar Transformasi Digital Untuk Industri Kelapa Sawit Indonesia

Dalam pengendalian penyakit tanaman, lanjut Achmad, teknologi ini juga membantu mengidentifikasi tanaman yang tengah sakit. “Kita bisa melihat pohon-pohon yang terkena penyakit dan ini membantu pencegahan penyebaran penyakit atau hama,” jelasnya pada keterangan pers, Jumat (25/6).

Selain itu, teknologi ini dapat mendeteksi titik api (hotspot) yang menandakan kebakaran lahan sekaligus mengklasifikasikan  titik api dengan probabilitas tinggi maupun rendah. “Ini sangat membantu ketimbang melakukan survei lapangan yang mahal biayanya,” imbuh Achmad.

Ia menambahkan, saat in Esri Indonesia sedang melakukan penelitian terkait penggunaan teknologi Geo-AI untuk menilai tingkat kematangan buah sawit. Hal ini sangat penting, mengingat kematangan sawit akan menentukan proses pengolahannya menjadi minyak sawit. 

Pembicara webinar lainnya, Plant Investment and GIS PT Perkebunan (PTPN) IV, Prasetyo Mimboro, mengatakan, pihaknya menerapkan teknologi Geographic Information System (GIS) untuk pengelolaan bisnis perkebunan yang lebih baik dan efisien.

“Dalam implementasinya teknologi ini membantu PTPN IV membuat dashboard, yakni monitoring survey aset, monitoring produksi, dan pelaporan data,” ujar dia.

Menurut dia, perusahaan akan terus mengembangkan penggunaan teknologi GIS termasuk untuk menganalisis penyakit tanaman.

“Juga untuk monitoring pengangkutan tandan buah segar, teknologi geospasial secara otomatis akan menunjukkan jalur tercepat atau jalur terpendek truk menuju pabrik kelapa sawit,” terang dia. 

Pada kesempatan sama, Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun mengungkapkan industri sawit sudah masuk dalam digitalisasi atau era industri 4.0. Berbagai kegiatan seperti pembibitan, pemupukan, panen, dan pengangkutan sudah dilakukan dengan sistem digitalisasi.

“Dengan teknologi ini kami yakin dapat meningkatkan produktivitas, menghasilkan bibit bermutu, juga digitalisasi operasional perkebunan dan industri sawit,” kata Derom.

Ia menjelaskan, digitalisasi juga dapat meningkatkan efisiensi sekaligus menyesuaikan dengan kondisi new normal pada masa pandemi ini. Hingga kini perkebunan tetap aktif berkegiatan dengan mengikuti protokol kesehatan. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

Dok.Qontac

Solusi Penjualan dan Bisnis Tetap Optimal saat WFH

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 10:35 WIB
Berdasarkan survei Mandiri Institute (2021) sebagian besar UMKM di Indonesia telah berpindah ke platform digital untuk memasarkan...
dok.pribadi

Kini mySPIL Points bisa dicairkan menjadi Dana

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 06:40 WIB
PENUKARAN mySPIL points ke saldo Dana sudah bisa dilakukan terhitung mulai 28 Juli...
Dok. GajiGesa

GajiGesa Bantu Karyawan Dapatkan Sistem Penggajian Transparan dengan Teknologi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 28 Juli 2021, 21:44 WIB
Perlu diketahui bahwa EWA bukan merupakan dana talangan oleh perusahaan, namun merupakan pembayaran kepada karyawan berdasarkan hasil jam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya