Senin 25 April 2022, 04:05 WIB

Amal Saleh

Quraish Shihab | Renungan Ramadan
Amal Saleh

MI/Seno
Quraish Shihab

 

KITA sering mendengar istilah amal saleh. Apa itu sebenarnya amal saleh? Mari kita berusaha memahaminya.

Amal biasa kita artikan sebagai pekerjaan. Amal itu ialah penggunaan daya. Kita manusia paling tidak memiliki empat daya. Daya pikir, daya kalbu, daya fisik, dan daya hidup.

Setiap Anda menggunakan salah satu dari daya itu, Anda telah beramal. Daya pikir menghasilkan ilmu. Mencari ilmu sama dengan amal. Mengangkat sesuatu ialah penggunaan daya fisik. Mengangkatnya ialah amal. Namun, tidak semua amal itu baik.

Koruptor itu menggunakan daya pikirnya. Pencuri itu menggunakan daya fisiknya. Yang dituntut agama ialah amal saleh. Saleh itu belum tentu baik. Namun, saleh itu syaratnya harus bermanfaat. Harus sesuai dengan waktunya, tempatnya, sasarannya, dan kadarnya.

Anda berderma kepada orang belum tentu baik. Kalau derma Anda itu begitu banyak Anda berikan kepada anak kecil, belum tentu baik. Di sini tidak sesuai dengan kadarnya. Anak hanya membutuhkan beberapa. Jadi, ada tempatnya, ada sasarannya, ada kadarnya, ada waktunya. Kalau sesuai dengan semua itu, barulah itu dinamakan amal saleh.

Ketika masa pandemi, orang pergi salat Jumat berjemaah, berkumpul tanpa masker, itu bukan amal saleh. Memang amalnya baik, tetapi tidak dinamai saleh karena tidak sesuai dengan waktu dan tempatnya.

Kemanusiaan mendahului keberagamaan. Memang Allah SWT memerintahkan, tetapi Allah memerintahkan juga perlunya kemanusiaan. Karena itu, ketika ada kegiatan kemanusiaan yang dinilai tidak dapat sejalan dengan keberagamaan akibat adanya waktu, tempat, dan sasaran itu, dahulukanlah kemanusiaan.

Itulah yang dinamai amal saleh yang sering kali luput dari pengertian kita semua. Semoga kita dapat memahaminya. (Dis/H-1)

Baca Juga

MI/Seno

Merawat Kemabruran Puasa

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Sabtu 30 April 2022, 04:10 WIB
Akhlak Tuhan dapat dikenal melalui sifat-sifat-Nya sebagaimana tergambar dalam nama-nama indah-Nya (al-asma`...
MI/Seno

Ramadan dan Mudik Lebaran

👤Moh Najib Wakil Ketua Umum MPP ICMI 🕔Jumat 29 April 2022, 04:55 WIB
DI antara keistimewaan Ramadan ialah Ramadan menjadi bulan penghapus...
MI/Duta

Puasa dari Elektabilitas Survei

👤Nadirsyah Hosen Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-Selandia Baru 🕔Kamis 28 April 2022, 04:15 WIB
SAAT ini hasil survei menjadi ukuran...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 21 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN