Sabtu 20 Maret 2021, 16:09 WIB

Wisata Religi Masjid Luar Batang Rampung Jelang Ramadan

Hilda Julaika | Ramadan
Wisata Religi Masjid Luar Batang Rampung Jelang Ramadan

Dok MI
Masjid Luar Batang

 

PROSES revitalisasi Masjid Luar Batang sebagai bangunan cagar budaya di Penjaringan, Jakarta Utara telah mencapai sekitar 75%.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, revitalisasi yang dimulai pada September 2020 tersebut ditargetkan selesai menjelang Ramadan tahun ini.

"Saat ini pengerjaan sudah area dalam masjid. Setelah selesai direvitalisasi, masjid ini akan lebih memberikan kenyamanan bagi jemaah maupun pengunjung masjid," ujarnya, Sabtu (20/3).

Iwan menjelaskan, revitalisasi dilakukan karena Masjid Luar Batang memiliki potensi sebagai destinasi wisata religi dan wisata edukasi sejarah di Jakarta.

"Keberadaan makam Habib Husein bin Abubakar Alydrus menjadi faktor utama masjid tersebut sering didatangi banyak jemaah maupun peziarah dari dalam dan luar Jakarta," terangnya.

Menurutnya, revitalisasi Masjid Luar Batang mencakup di antaranya, mempercantik dengan sentuhan artistik dan modern serta peningkatan fasilitas atau sarana maupun prasarananya.

Revitalisasi ini juga membuat kapasitas masjid bertambah dengan adanya saf-saf baru. Selain itu, ada juga tenda yang besar supaya jemaah nyaman beribadah.

"Pencahayaan dan sound system kita benahi semua. Kami ingin menciptakan kenyamanan dan kekhusyukan beribadah," ungkapnya.

Iwan menambahkan, para jemaah yang datang selain untuk beribadah juga diberikan ruang untuk berwisata edukasi sejarah. Untuk itu, akan dibuat galeri yang menceritakan sejarah Masjid Luar Batang.

"Kami ingin Masjid Luar Batang sebagai wisata religi dan edukasi sejarah yang wajib dikunjungi serta menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi jemaah atau peziarah. Harapan kami ke depan Jakarta bukan hanya wisata rekreasi saja. Tapi, ada hal-hal yang bisa diangkat yaitu, kebudayaan, sejarah, tentang pendekatan agama atau religi yang menjadi cerita sendiri dalam sejarah peradaban Jakarta," tandasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 21 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN