Minggu 30 Oktober 2016, 20:19 WIB

KPK Minta Masyarakat Pilih Kepala Daerah yang Bersih dari Korupsi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
KPK Minta Masyarakat Pilih Kepala Daerah yang Bersih dari Korupsi

MI/ROMMY PUJIANTO

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat untuk membuktikan harapan kesejahteraan dan kemajuan daerah dengan memilih pemimpin yang bebas dari catatan korupsi. Hal itu dinilai sangat penting karena pemimpin menentukan kondisi dan kemajuan sebuah daerah yang akan dirasakan masyarakat.

"Pilih pemimpin yang memiliki catatan bersih, karakter kuat membangun daerah, dan berintegritas. Itu kalau kita mau benar-benar menjadi negara berkarakter, bebas korupsi, tinggi efisiensi, dan sukses," ungkap Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (30/10).

Saut mengatakan riwayat calon kepala daerah harus dijadikan landasan utama dalam memberikan suara pada Pilkada serentak 2017. Pasalnya karakter dan rekam jejak kepala daerah terpilih akan menentukan nasib daerah dan masyarakatnya.

"Itulah mengapa orang selalu mengkaitkan karakter dan Integritas, mau menjadi seperti apa karakter negara kita ditentukan karakter pemimpinnya," ujarnya.

Kepala daerah yang terpilih oleh masyarakat, lanjut dia, tidak memberikan garansi keberhasilan daerahnya. Meskipun kandidat yang terpilih memiliki rekam jejak yang bagus, apalagi memiliki catatan buruk seperti sempat terindikasi korupsi.

"Ada banyak orang barkarakter bersih dan tidak memiliki catatan buruk saja bisa bermasalah alias beresiko, apalagi pemimpin yang tidak memilik karakter yang diperlukan pada era antikorupsi," tutupnya.

Diketahui pada Pilkada serentak 2017 terdapa beberapa calon kepala daerah yang memiliki catatan buruk. Beberapa dari mereka terindikasi melanggar hukum sampai menyandang status tersangka. Kondisi tersebut terjadi di sejumlah daerah diantaranya di Gorontalo, Jepara, Buton, dan Takalar. (OL-3)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

NasDem Tegur Hillary Brigitta Lasut yang Minta Pengalawan TNI

👤Putra Ananda 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:53 WIB
NasDem tak pernah menginstruksikan kader yang menjadi anggota dewan mengajukan permintaan ajudan kepada...
MI/M. Irfan

Jaksa Eksekusi Uang Penganti Korupsi IM2 Sebesar Rp1,3 Triliun 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:52 WIB
Gedung IM2 di tanah seluas 24.440 meter persegi yang terletak di Ragunan, Jakarta Selatan menjadi salah satu aset yang...
Ilustrasi

Buron Korupsi Mesin Genset yang Rugikan Negara Rp21 Miliar Ditangkap 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:35 WIB
im Kejaksaan menangkap Mochtar pada Kamis (2/12) sekira pukul 14.00 WIB di kawasan Menteng, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya