Sabtu 29 Oktober 2016, 20:55 WIB

ICW: Praktik Korupsi Kampus Rugikan Negara Rp218 Miliar

Golda Eksa | Politik dan Hukum
ICW: Praktik Korupsi Kampus Rugikan Negara Rp218 Miliar

MI/Galih Pradipta

 

INDONESIA Corruption Watch (ICW) menyebut kerugian keuangan negara yang ditimbulkan terkait praktik dugaan kasus korupsi di perguruan tinggi selama satu dekade terakhir mencapai Rp218,804 miliar.

"Berdasarkan pemantauan ICW sejak 2006 hingga Agustus 2016, sedikitnya ada 37 kasus dugaan korupsi di perguruan tinggi yang telah dan sedang diproses oleh institusi penegak hukum maupun pengawas internal," ujar peneliti ICW Siti Juliantari di Jakarta, Sabtu (29/10).

Menurutnya, dari 37 kasus yang berhasil dipantau tersebut diketahui bahwa ada pelanggaran hukum itu ditengarai melibatkan sedikitnya 65 pelaku yang merupakan civitas akademika, pegawai pemerintah daerah, dan pihak swasta.

Kasus tersebut didominasi oleh pegawai dan pejabat struktural di fakultas maupun universitas, yakni 32 orang. Sementara pelaku dari kalangan rektor dan mantan rektor menduduki peringkat kedua dengan jumlah 13 orang.

"Selebihnya adalah pihak swasta sebanyak 10 orang, dosen berjumlah 5 orang, dekan fakultas terdapat 3 orang, dan pejabat pemerintah daerah sebanyak 2 orang."

Lebih jauh, terang dia, ICW pun melakukan pemetaan dan diketahui sedikitnya ada 12 pola korupsi yang terjadi di dunia kampus, seperti pengadaan barang dan jasa, dana hibah pendidikan dan CSR, anggaran internal, dana penelitian, dana beasiswa mahasiswa, penjualan asset milik kampus, suap dalam penerimaan mahasiswa baru, suap pemilihan pejabat internal, suap jual beli nilai akademis, suap akreditasi atau program studi, korupsi dana sumbangan pembinaan dan pengembangan mahasiswa, serta gratifikasi mahasiswa kepada dosen. (OL-4)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

NasDem Tegur Hillary Brigitta Lasut yang Minta Pengalawan TNI

👤Putra Ananda 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:53 WIB
NasDem tak pernah menginstruksikan kader yang menjadi anggota dewan mengajukan permintaan ajudan kepada...
MI/M. Irfan

Jaksa Eksekusi Uang Penganti Korupsi IM2 Sebesar Rp1,3 Triliun 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:52 WIB
Gedung IM2 di tanah seluas 24.440 meter persegi yang terletak di Ragunan, Jakarta Selatan menjadi salah satu aset yang...
Ilustrasi

Buron Korupsi Mesin Genset yang Rugikan Negara Rp21 Miliar Ditangkap 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:35 WIB
im Kejaksaan menangkap Mochtar pada Kamis (2/12) sekira pukul 14.00 WIB di kawasan Menteng, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya