Sabtu 14 Januari 2023, 20:16 WIB

Dukung Sistem Pemilu Proprosional Tertutup, Upaya PBB Dekati PDIP

Kautsar Widya Prabowo | Politik dan Hukum
Dukung Sistem Pemilu Proprosional Tertutup, Upaya PBB Dekati PDIP

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra

 

PENGAMAT politik Ray Rangkuti menilai Partai Bulan Bintang (PBB) tengah mendekati PDI Perjuangan (PDIP). Hal itu terlihat dengan langkah PBB yang ikut mendukung sistem pemilu proporsional tertutup, seperti sikap PDIP.

"Bahasa alusnya, kenapa PBB mau ikut ini (dukung proporsional tertutup) karena dia mau menemani PDIP yang kebetulan sendirian sekarang ini," ujar Ray kepada Medcom.id, hari ini.

Ray menilai dampak yang akan dirasakan PBB dengan ikut menemani PDIP mendukung proporsional tertutup bersifat jangka pendek. Sehingga ia memastikan tak memberikan pengaruh dengan elektabilitas PBB dalam Pemilu 2024.

Baca juga: Delapan Fraksi Tolak Proporsional Tertutup, Golkar: Bukan Hore-Hore

"Elektabilitas bukan ditentukan dengan mereka berkoalisi dengan siapa gitu, (tapi ditentukan oleh calon presiden mereka kalau pakai efek ekor jas ya," jelas Ray.

Selain itu, Ray mengaku heran dengan keputusan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Pasalnya, sebagai partai non parlemen sangat diuntungkan dengan sistem pemilu proporsional terbuka yang saat ini diterapkan.

"Jadi sebetulnya proporsional terbuka ini memberikan peluang bagi partai seperi PBB ini untuk dapat berkiprah secara politik, tinggal mereka perjuangkan parliamentary threshold atau ambang batas parlemen itu harus dibatalkan," beber Ray.(OL-4)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya