Rabu 11 Januari 2023, 22:05 WIB

Ketua KPU bantah Intervensi KUPD dalam Verifikasi Parpol

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
Ketua KPU bantah Intervensi KUPD dalam Verifikasi Parpol

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ketua KPU Hasyim Asy'ari

 

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari membantah tudingan mengintervensi KPD daerah (KPUD) terkait hasil verifikasi faktual. Dia tidak melakukan perbuatan yang disampaikan Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih itu.

"Posisi saya tidak melakukan sebagaimana yang dituduhkan itu," kata Hasyim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Januari 2023.

Hasyim merasa tak melakukan intervensi. Sebab, KPUD bagian dari keluarga besar penyelenggara pemilu.

"Dan kalau kemudian ada apa itu namanya, ada arahan, ada perintah juga tentu tidak dalam konteks yang melanggar aturan atau SOP yang telah ditentukan," ungkap dia.

Baca juga: Tolak Proporsional Tertutup, Parpol Mulai Usung Wacana yang Produktif

Dia mengklaim tahu aturan. Sehingga, apa yang dilakukan sesuai aturan.  "Saya insyaallah masih tahu batas batas kewajaran dan batas batas kepantasan dalam pergaulan sehingga Insyallah apa yang dituduhkan itu tidak dalam posisi yang saya lakukan," sebut dia.

Meskipun begitu, Hasyim berterima kasih kepada Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih. Hal itu akan dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menjalankan tugas.

"Ketika diinformasikan kepada kami jadi catatan-catatan penting bagi kami untuk sekali lagi melakukan evaluasi untuk perbaikan ke depan supaya kemudian hal hal yang dikhawatirkan itu tidak terjadi," ujar dia.(OL-4)

Baca Juga

Dok. Ikadin Jakbar

Ikadin Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Advokat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:29 WIB
Wacana multibar yang digaungkan sejumlah pihak adalah sebuah langkah mundur karena tidak ada satu pun di dunia ini menganut sistem...
Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya