Selasa 01 November 2022, 19:21 WIB

HUT Humas Polri ke-71, Kadiv Humas Polri Sebut Pungli Masih Tinggi

Irfan Julyusman | Politik dan Hukum
HUT Humas Polri ke-71, Kadiv Humas Polri Sebut Pungli Masih Tinggi

Ilustrasi
Pungli.

 

KEPALA Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa, citra pungutan liar atau pungli masih tinggi terutama di lingkungan Korps Bhayangkara. 

Menurutnya, hal tersebut adalah tantangan tersendiri teruntuk jajaran Polri guna membenahi citra kepada masyarakat. 

"Kehadiran polisi ini jangan selalu ketika polisi hadir di tengah masyarakat, ketika masyarakat mendatangi pelayanan sentra-sentra kepolisian image masyarakat pungli," kata Dedi dalam sambutannya saat acara HUT Humas Polri ke-71, di Mabes Polri,Selasa (1/11).

"Makanya pungli dari hasil riset menduduki ranking yang paling tinggi, ini tantangan kita semuanya. Untuk bisa merubah image masyarakat kalau melihat sosok Polri harus betul-betul bebas pungli," ujarnya.

Dedi turut menggambarkan pungli ini sebagai sebuah penyakit krusial. Masyarakat yang seharusnya mereka ayomi pun tidak menyukai tindakan pungli tersebut. 

Oleh sebab itu, Dedi berharap agar jajaran Humas Polri dapat benar-benar berupaya dan memastikan bahwa seluruh pelayanan kepada masyarakat dapat terbebas dari praktek tersebut. 

"Pungli ini penyakit krusial yang sudah sangat lama. Generasi Polri saat ini harus bisa mengubah itu semuanya. Dan ini perintah langsung dari Bapak Presiden, perintah langsung dari Bapak Kapolri dan Humas harus mampu menangkap itu semuanya," tambahnya.

Selain itu, Dedi juga menggaris bawahi soal sikap arogansi yang masih sering terjadi di lingkungan Polri. Menurutnya, di mata sebagian masyarakat citra polisi masih dianggap suka mencari-cari kesalahan orang lain. Dedi turut mengingatkan kepada jajarannya agar sikap tersebut dihilangkan guna tidak ada lagi citra kurang baik terhadap anggota Polri di mata masyarakat. 

"Kemudian berikutnya terkait menyangkut masalah sikap arogansi dan kesewenangan masyarakat kalau melihat polisi itu apa? Sering mencari-cari kesalahan, ini juga harus diubah, bagaimana polisi yang citranya sebagai pelindung, sebagai pengayom masyarakat ini harus betul-betul mampu diwujudkan dan diimplementasikan di dalam kehidupan kepolisian setiap hari," Ujar Dedi. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Besok DPR Akan Sahkan RKUHP dalam Rapat Paripurna

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:29 WIB
Dia menyampaikan pengesahan tersebut sudah melalui kesepakatan. Hal itu diputuskan melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus)...
ANTARA/FENY SELLY

Wapres tidak Ingin Penyederhaan Birokrasi Timbulkan Masalah Baru

👤Emir Chairullah 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:10 WIB
Sosialisasi pemangkasan birokrasi belum komprehensif sehingga banyak ASN tidak memahami tugas jabatan...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Terbukti Konsisten, Status JC Eliezer Akhirnya Diterbitkan

👤Irfan Julyusman 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:53 WIB
Keterangan dari Richard Eliezer di persidangan sesuai dengan keterangan yang disampaikan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya